Rabu, 20 Feb 2019 19:33 WIB

Begini Proses Pemasangan Veneer Gigi yang Profesional

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi pasang veneer gigi di dokter klinik. Foto: thinkstock
Jakarta - Di media sosial seperti Instagram kamu mungkin bisa menemukan beberapa akun menawarkan pemasangan veneer gigi yang murah untuk mempercantik penampilan. Nah sebaiknya kamu berhati-hati jangan mudah tergiur karena marak kasus-kasus veneer gigi gagal akibat sembarangan pasang di tukang gigi.

Veneer gigi sendiri dijelaskan oleh drg Ahmad Syaukani, SpOrt, dari PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) sebagai lapisan permanen yang dipasang menutup permukaan gigi. Ada dua jenis veneer yang biasa dipakai yaitu veneer direct dengan bahan resin komposit dan veneer indirect dengan bahan porselen.



Menurut pria yang akrab disapa drg Kani ini proses pemasangan veneer profesional harus melalui beberapa tahap. Sebagai contoh misalnya saja menilai apakah gigi perlu mendapatkan perawatan terlebih dahulu sebelum dipasang veneer.

"Dia (tukang gigi -red) itu biasanya ditutup saja langsung, jadi tidak dibersihkan dulu. Masih ada gigi berlubang yang tidak ditambal dulu, akar gigi sampai ditutup juga. itu ada kasus-kasus seperti itu," kata drg Kani ketika dihubungi detikHealth, Rabu (20/2/2019).

Pada pemasangan veneer indirect dengan bahan porselen bahkan bisa memakan waktu lebih lama. Dokter harus mengukur dahulu ukuran gigi pasien, membuat cetakannya, lalu veneer dibuat di laboratorium memakan waktu sekitar seminggu.

"Kalau indirect harus dibuat dulu dicetak di lab jadi lebih dari satu kali kunjungan," kata drg Kani.

(fds/up)