Jumat, 29 Mar 2019 17:01 WIB

Terlalu Dalam Bersihkan Telinga, Wanita Ini Nyaris Kehilangan Nyawa

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi wanita sakit telinga. Foto: dok. iStock Ilustrasi wanita sakit telinga. Foto: dok. iStock
Jakarta - Jasmine Small asal New South Wales, Australia, nyaris terbunuh setiap kali ia membersihkan telinganya. Sejak 2016 lalu, ia mengalami masalah pendengaran di telinga kirinya.

Yang paling mengganggu adalah cairan berwarna cokelat dan berbau serta pendarahan yang selalu terjadi acap kali ia membersihkan telinganya. Setelah didorong oleh pasangannya, ia memberanikan diri memeriksakan ke dokter.

Sayangnya dalam beberapa kunjungan dokter selama setahun, Jasmine merasa masalahnya tak pernah dianggap serius. Sementara gejala yang ia alami semakin memburuk dan telinga kirinya terus-terusan terasa nyeri.


Sampai akhirnya pada 2017 ia menemukan dokter spesialis THT yang menyebutkan bahwa kondisinya gawat dan memerlukan operasi. Rupanya akar dari semua masalah dan rasa sakit tersebut adalah Jasmine yang terlalu dalam saat membersihkan telinga.

"Dia bertanya, 'Apa yang kamu masukkan ke telinga?' Aku jawab 'Cotton bud'. Ia lalu bertanya lagi 'Sedalam apa saat memasukkannya?' Dan akhirnya ia melanjutkan jika aku terus-terusan melakukannya kemungkinan aku akan mati," jelasnya, dikutip dari Mirror.

CT Scan pada otaknya menunjukkan bahwa sisaan kapas dari cotton bud yang ia pakai telah terinfeksi dan berada sangat dekat dengan otaknya. Sang dokter percaya bahwa sisaan kapas tersebut telah 'terperangkap' di dalam selama hampir lima tahun.

Jasmine telah menjalani, akan tetapi pendengarannya telah rusak secara permanen. Kini ia harus menghadapi satu babak operasi lainnya dan berharap dapat memperbaikinya.

(frp/up)