Minggu, 02 Jun 2019 09:10 WIB

Trik Negosiasi Ketika Kena Ketok Harga di Warung 'Begal' saat Mudik

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Beberapa pedagang nakal main ketok harga untuk mendapat untung sebesar-besarnya (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho) Beberapa pedagang nakal main ketok harga untuk mendapat untung sebesar-besarnya (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Ketika perjalanan mudik, rasa lapar kerap menghantui. Kalau tidak bawa bekal, otomatis mampir ke rumah makan. Tapi tak jarang juga terjadi 'ketok harga' oleh sejumlah warung makan nakal yang ada di sepanjang jalan.

Nah, kalau kamu bertemu dengan situasi tersebut saat mudik lebaran nanti (jangan sampai sih) Veronica Adesla, psikolog klinis dari personal Growth, memberikan sarannya kepada kamu nih. Menurutnya, negosiasi atau tawar menawar harusnya sih dilakukan di awal sebelum membeli.

"Kalau sudah membeli atau mengkonsumsi, posisi pembeli jadi lemah untuk melakukan negosiasi. Tapi yah tidak ada salahnya dicoba kalau sudah kepalang tanggung," ujar Veronica melalui pesan singkat kepada detikHealth.



Yang harus dipastikan sebelum negosiasi adalah rincian harga per item makanan atau minuman yang dibeli. Jika seandainya diberikan harga total tapi tidak dijelaskan satu persatu, kamu bisa meminta penjual untuk jelaskan harganya satu persatu dan kamu hitung kembali. Pastikan hitungannya benar, loh ya!

"Bila hitungan sudah benar dan ingin negosiasi akibat harga yang melangit, kamu boleh saja coba negosiasi dengan menggugah rasa simpati dari penjual," tutur Veronica.

"Contoh 'Duh... Pak / Ibu, ga nyangka mahal banget, seinget aku biasa langganan kalau mudik makan disini ga sampai semahal ini. Salah sih yah tadi aku ga nanya dulu lagi. Kalau tanya mungkin ga jadi makan atau makannya dikurangi... atau ditahan aja dulu sampai pemberhentian berikutnya. Mana masih jauh, nyiapin uang pas-pasan soalnya. Bisa dikurangin dikit ga yah pak/ibu harganya?'"

Kalau sudah negosiasi tapi harganya tidak bisa turun gimana dong? Ya sudah ikhlas dan pastikan untuk berikutnya tanya harga dulu deh. Pastikan kamu sudah sepakat dengan harganya sebelum membeli.

"Hindari bertengkar, jaga hati tetap adem tenteram :)" pungkasnya.



Kalau kamu detikers, pernah punya pengalaman serupa tidak? Yuk ceritakan pengalaman kamu dan bagaimana kamu menghadapi situasi tersebut di kolom komentar! (ask/up)
News Feed