Rabu, 10 Jul 2019 09:56 WIB

Buteyko Breathing, Teknik Tidur dengan Mulut Dilakban Seperti Andien

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Plester mulut saat tidur diklaim mampu bikin tidur lebih nyenya. (Foto: iStock)
Jakarta - Belum lama ini penyanyi Andien membagikan kebiasaannya yang cukup unik yakni tidur dengan mulut diplester. Dalam postingan yang ia bagikan di instagram storynya, Andien sudah melakukan kebiasaan ini dalam beberapa bulan terakhir.

Tidur dengan mulut diplester sebenarnya adalah salah satu teknik pernapasan yang disebut Buteyko Breathing. Dikutip dari Innovative Medicine, teknik pernapasan Buteyko mengajarkan cara mengembalikan volume pernapasan ke normal atau menghindari terjadinya hiperventlasi kronis.

"Bernapas normal adalah melalui hidung, bukan mulut yang dilakukan agar tubuh mendapatkan oksigenasi jaringan dan organ yang lebih baik," demikian dikutip situs tersebut.

Teknik yang pertama kali diprakarsai oleh ilmuwan asal Rusia bernama Dr Konstantin Buteyko menyebut terdapat banyak manfaat dari teknik pernapasan Buteyko salah satunya agar tidur lebih nyenyak bahkan bisa menghilangkan kebiasaan ngorok.


Penelitian yang dilakukan oleh Buteyko Institute Method menunjukkan beberapa pasien dengan keluhan mengorok teknik Buteyko dapat membantunya untuk bernapas lebih lembut dan lancar saat bangun, yang mengarah ke perubahan pola pernapasan saat tidur.

Teknik pernapasan Buteyko ala Andien yakni melakban mulut ketika tidur dikatakan merupakan salah satu cara untuk mencapai deep sleep atau tidur nyenyak tanpa gangguan di malam hari. Sebab seringnya ketika malam, kita cenderung tidur dengan bernapas menggunakan mulut.

Pelantun 'Milikmu Selalu' ini juga mengatakan setelah mencoba tidur dengan teknik Buteyko, ia merasakan beberapa manfaat antara lain jauh lebih mudah untuk tidur nyenyak, badan lebih sehar ketika bangun bahkan tak ada bau mulut yang tak sedap di pagi hari.

Bagaimana detikers, tertarik untuk mencoba? Komen di bawah ya!



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)