Jumat, 19 Jul 2019 09:50 WIB

Harus Tahu! Ini Tanda Khas Saat Ibu Baru Sedang Terserang Baby Blues

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ibu yang baby blues bisa merasa enggan memperhatikan bayinya. (Foto: iStock) Ibu yang baby blues bisa merasa enggan memperhatikan bayinya. (Foto: iStock)
Jakarta - Baby blues disebut-sebut menjadi penyebab seorang istri bacok suaminya di Sukabumi, Jawa Barat. Dikutip dari detikcom, diagnosa ini sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi.

Sindrom baby blues diakibatkan perubahan hormon dan situasi setiap hari yang mendadak, serta kurangnya support dari suami dan lingkungan sekitar. Sekitar 50-80 perseni istri yang melahirkan mengalami baby blues yang ternyata punya tanda khas.

"Wanita yang mengalami baby blues enggan memperhatikan bayinya. Mereka juga cenderung tidak sabaran, nggak percaya diri, dan mudah tersinggung. Ketika menemukan tanda ini bisa segera ke psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut," kata dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari Rumah Sakit Dr H Marzoeki Mahdi, Bogor.


Tanda tersebut muncul karena istri yang merasa lelah mengurus bayi namun tak bisa lepas dari tanggung jawab tersebut. Istri yang telah menjadi ibu juga harus menghadapi efek perubahan hormon pada tubuh, misal menjadi lebih mudah murung dan sedih.

Menghadapi baby blues, dr Lahargo menegaskan pentingnya komunikasi dan support dari suami serta lingkungan sekitar. Bantuan ini memudahkan ibu beradaptasi dengan tugas barunya, serta yakin pada kemampuannya memikul tanggung jawab mengasuh anak.




Tonton video Baby Blues, Takutkah Poppy Sovia pada 'Hantu' Pasca Melahirkan Ini?:

[Gambas:Video 20detik]


Harus Tahu! Ini Tanda Khas Saat Ibu Baru Sedang Terserang Baby Blues
(up/fds)
News Feed