Rabu, 24 Jul 2019 18:10 WIB

Penasaran Daftar Apotek Korban Obat Palsu? Ini Alasan BPOM Tak Mau Ungkap

Rosmha Widiyani - detikHealth
BPOM tidak akan mengungkap nama-nama apotek yang menjadi korban obat palsu (Foto: An uyung P) BPOM tidak akan mengungkap nama-nama apotek yang menjadi korban obat palsu (Foto: An uyung P)
Jakarta - Kasus pembuatan dan penyaluran obat palsu yang dilakukan Pedagang Besar Farmasi (PBF) PT Jaya Karunia Investindo (JKI) melibatkan 197 apotek. Layanan obat masyarakat tersebut berada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sayangnya Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tidak menjelaskan daftar apotek dalam kasus tersebut. BPOM sendiri sepakat modus yang dilakukan pelaku dengan melakukan repackaging obat adalah kejahatan.

"Dapat kami tegaskan apotek adalah korban dari kejahatan seperti ini. Tidak perlu nama apoteknya kita share di luar. Sekali lagi, apotik ini merupakan korban. Kami tidak mau menyebut namanya," kata Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor BPOM Rita Endang pada detikHealth, Rabu (24/7/2019).


Tidak tampak ada aktivitas di kantor PT JKI di Kayu Putih, Jakarta Timur.Tidak tampak ada aktivitas di kantor PT JKI di Kayu Putih, Jakarta Timur. Foto: Adelia Putri/detikHealth


Meski tidak menyebarkan nama apotek yang terlibat, BPOM menjamin pengawasan terus dilakukan terutama pada produk yang berasal dari PBF PT JKI. Rita mengatakan, saat ini seluruh produk PBF PT JKI yang beredar di wilayah Tangerang telah diamankan BPOM. Produk selanjutnya diverifikasi produsen obat untuk menentukan asli atau palsu.

Produk asli akan dikembalikan ke apotek sedangkan yang palsu dimusnahkan sesuai ketentuan yang berlaku. Menurut Rita tindakan serupa juga sedang dilakukan di wilayah Jabodetabek lain. Rita juga berharap peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan, dengan segera lapor jika menemukan obat yang mencurigakan.



Simak Video "Hati-hati! Obat Penyakit Diabetes Paling Banyak yang Dipalsukan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)