Rabu, 07 Agu 2019 15:45 WIB

Nah Lho! Menkes Ancam Tutup Perusahaan yang Tak Punya Ruang Laktasi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi ruang laktasi di lingkungan kantor. Foto: Radian Nyi Sukmasari Ilustrasi ruang laktasi di lingkungan kantor. Foto: Radian Nyi Sukmasari
Topik Hangat Pekan ASI Sedunia 2019
Jakarta - Pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif harus dilakukan selama 6 bulan untuk menjamin kesehatan bayi yang optimal. Salah satu yang menunjang keberhasilannya adalah penyediaan ruang laktasi di kantor bagi para ibu menyusui yang bekerja.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut tiap perusahaan wajib menyediakan ruang laktasi di kantornya, sebagaimana diatur dalam Permenkes No. 15 tahun 2013. Nila dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berusaha mendorong dan mengevaluasi ada atau tidaknya ruang laktasi dalam suatu perusahaan.

"Kalau nggak ada kita tegur. Ada aturannya. Kalau nggak merhatikan perempuan yang menyusui, kita tutup nanti ya," kata Menkes Nila saat ditemui di Gedung Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).


Menkes Nila mengatakan adanya ruang laktasi sebagai bentuk kepedulian terhadap ibu dan tumbuh kembang anak. Soal apakah perusahaan yang tidak memiliki ruang laktasi mendapat sanksi, ia tak mau berkomentar lebih jauh namun berharap perusahaan lebih mendukung dan mengerti agar terjaminnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Kalau saya nggak mau ngomong soal sanksi, saya ingin mereka mengerti kalau Presiden minta SDM yang berkualitas, ya salah satunya harus mendukung ini, tempat menyusui, ruang laktasi ini. Tolong dong ini harus dilakukan. Kalau nggak, nggak mungkin mencapai SDM yang baik. Nah harusnya ini kan sinergi, saling tolong-menolong. Mereka harus mengerti dalam hal ini," imbuh dia.

Dalam Permenkes 15/2013, idealnya ruang laktasi memenuhi persyaratan kesehatan. Yakni beberapa di antaranya meliputi tersedianya ruangan khusus dengan ukuran minimal 3x4 m, dan/atau disesuaikan dengan jumlah pekerja perempuan yang sedang menyusui, memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup, dan bebas potensi bahaya di tempat kerja termasuk bebas polusi.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
Topik Hangat Pekan ASI Sedunia 2019
News Feed