Senin, 12 Agu 2019 18:24 WIB

Vabyo Sampai Meracau 'Bahasa Rusia', Ini Tanda Stroke yang Kamu Harus Tahu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jangan terlambat, kenali gejala stroke (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Jangan terlambat, kenali gejala stroke (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Penulis dan juga pencipta lagu Valiant Budi alias Vabyo mengalami stroke saat usianya 35 tahun. Jenis stroke yang dialaminya adalah stroke hemoragik yang disebabkan pecah pembuluh darah di otak kiri, sehingga ia meracau bahasa Rusia hingga setiap bangun tidur, ingatannya 'terhenti' di tahun tertentu sampai ia tak bisa mengenali teman dan bahkan keluarganya sendiri.

Vabyo sendiri mengaku bahwa ia kerap mengabaikan tanda-tanda meningkatnya faktor risiko yang muncul pada tubuhnya. Melihat ia memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

"Sebetulnya banyak gejala hipertensi sih, kayak kepala pening, leher kaku-pegal, tapi sering aku salah artikan sebagai masuk angin. Jadinya gak berobat, malah ngopi ngopi plus merokok pula. Pecah deh," ujarnya kepada detikHealth, Senin (12/8/2019).



Dalam kesempatan berbeda, dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan SpBS mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki faktor risiko stroke, seperti hipertensi, harus selalu melakukan pencegahan dengan mengonsumsi obat.

Orang dengan faktor risio stroke tinggi harus mengetahui tanda-tanda munculnya stroke pada dirinya. Yakni dengan mewaspadai adanya perubahan yang muncul secara mendadak.

"Mendadak nggak bisa gerak, waspada stroke. Medadak tangan dan kaki kebas, waspada stroke. Mendadak pendengarannya nggak bisa, waspada stroke. Mendadak wajahnya mencong, waspada stroke," katanya.

"Juga kalau ada perubahan mendadak pada emosionalnya, waspada stroke saja. Karena semua yang ada di tubuh terpusat di otak," imbuh dokter yang akrab disapa Ryu itu.

Ketika menemukan adanya perubahan pada tubuh secara mendadak, dr Ryu menyarankan untuk segera mendatangi rumah sakit yang menyediakan fasilitas unit stroke, seperti dokter saraf, dokter bedah saraf, MRI, dan CT scan.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)
News Feed