Selasa, 13 Agu 2019 12:01 WIB

Diteliti Anak SMA untuk Obat Kanker Payudara, Bajakah Itu Tanaman Apa?

Michelle Natasya - detikHealth
Dua siswi SMAN 2 Palangkaraya meneliti akar bajakah tunggal untuk obat kanker payudara. Prestasinya viral di media sosial (Foto: dok: IYSA) Dua siswi SMAN 2 Palangkaraya meneliti akar bajakah tunggal untuk obat kanker payudara. Prestasinya viral di media sosial (Foto: dok: IYSA)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Media sosial belakangan dihebohkan oleh prestasi 2 anak SMA di Palangkaraya. Keduanya meneliti akar tanaman bajakah, herba tradisional suku Dayak, sebagai obat kanker payudara. Ngomong-ngomong bajakah itu tanaman apa sih?

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), dr Danang Ardiyanto, mengatakan bahwa apresiasi harus diberikan bagi semangat meneliti anak muda. Namun ia sendiri tidak bisa memastikan apa yang dimaksud dengan tanaman bajakah.

Menurut dr Danang, tanaman Bajakah sendiri memiliki banyak jenis. Seperti Bajakah Bahenda yaitu akar kuning, Bajakah Kalalawit yaitu gambir, Bajakah Latak Kambing yang termasuk famili Menispermaceae, dan jenis bajakah lainnya.
Jangan men-discourage semangat peneliti muda yang dengan cara dan upayanya sudah melakukan sesuatu untuk negeri ini.dr Danang Ardiyanto - Peneliti Jamu B2P2TOOT

"Dari diskusi dengan pakar tanaman obat, masih rancu nama tanaman, karena ada beberapa jenis tanaman bajakah. Entah yang dipakai pada penelitian tersebut jenis bajakah yang mana. Mungkin sebagai hasil etnomedicine saja," kata dr Danang.



Diingatkan oleh dr Danang, riset obat membutuhkan proses yang panjang. Karenanya, ia mengingatkan untuk tidak buru-buru overklaim soal khasiat suatu tanaman obat. Berbagai klaim tentang manfaat tetap harus diklarifikasi secara ilmiah.

"Namun, jangan men-discourage semangat peneliti muda yang dengan cara dan upayanya sudah melakukan sesuatu untuk negeri ini," pesan dr Danang.



Simak Video "Picu Kanker Payudara, Jangan Sering Makan Ayam Boiler!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?