Selasa, 13 Agu 2019 13:35 WIB

Apresiasi Riset Siswi SMA, Menkes Minta Akar Bajakah Dikaji Lebih Lanjut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral 2 Siswi SMA Temukan Obat Kanker Payudara dari Herba Tradisional Dayak Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri. (Foto: dok: IYSA) Viral 2 Siswi SMA Temukan Obat Kanker Payudara dari Herba Tradisional Dayak Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri. (Foto: dok: IYSA)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Siswi SMA di Palangkaraya berhasil menyabet penghargaan internasional. Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri memperoleh Gold Medals dalam ajang World Invention Creativity dengan memperkenalkan tanaman akar bajakah tunggal sebagai obat kanker payudara.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meski belum pernah melihat hasil penelitian tersebut tentu mengapresiasi inovasi mereka dalam pengobatan tradisional. Menkes berharap agar penelitian tersebut dikaji lebih lanjut untuk bisa melihat manfaatnya secaa menyeluruh.

"Saya belum lihat. Tapi itu tentu masih harus kita lihat dan kita teliti kembali," tutur Menkes saat dijumpai detikHealth, Selasa (13/8/2019).


Akar bajakah tunggal merupakan tumbuhan khas Kalimantan Tengah yang tumbuh secara liar di dalam hutan. Suku pedalaman Kalimantan Tengah yaitu Suku Dayak telah lama mengkonsumsinya untuk menyembuhkan penyakit.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), dr Danang Ardiyanto, mengatakan terdapat beberapa jenis akar bajakah tunggal yang masuk dalam famili Menispermaceae, dan jenis bajakah lainnya.

"Dari diskusi dengan pakar tanaman obat, masih rancu nama tanaman, karena ada beberapa jenis tanaman bajakah. Entah yang dipakai pada penelitian tersebut jenis bajakah yang mana. Mungkin sebagai hasil etnomedicine saja," kata dr Danang.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?