Kamis, 29 Agu 2019 17:29 WIB

Merinding Baca Viral KKN Desa Penari? Ini yang Dialami Tubuh Saat Ketakutan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Merinding saat baca kisah misteri adalah hal yang wajar. (Foto: iStock) Merinding saat baca kisah misteri adalah hal yang wajar. (Foto: iStock)
Jakarta - Cerita viral KKN Desa Penari masih menjadi salah satu tweet populer pada Kamis (29/8/2019). Banyak yang penasaran membacanya, meski sadar bulu kuduk bakal merinding karenanya.

Membaca thread yang menceritakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekelompok mahasiswa di Jawa Timur ini memang sangat menarik. Namun efek yang timbul usai membaca thread ini nyaris tak mungkin dihindari, salah satunya bulu kuduk berdiri alias merinding.



Dikutip dari situs The Observer-Broward College, merinding atau goosebumps adalah respons awal usai nonton, baca, atau mendengar konten horor. Hal ini merupakan bagian dari mekanisme fight or flight, meski diketahui konten horor atau misteri tersebut belum tentu benar.

"Goosebumps adalah reaksi biologis tubuh saat merasa gelisah atau takut usai terpapar materi horor. Reaksi muncul sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi diri. Namun meski merinding, takut, atau gelisah, materi horor tetap menarik untuk dinikmati," kata psikolog Glenn D Walters.

Faktor yang membuat materi horor menarik adalah emosi (tension) yang memancing penasaran, relevansi dengan kehidupan sehari-hari, konten yang dirasa menghibu dan menciptakan sensasi seru. Menurut Walters, sensasi merinding usai terpapar konten horor seharusnya tak sampai mengganggu. Namun jika telah mengganggu kehidupan sehari-hari, tak ada salahnya berkonsultasi pada ahli yang kompeten.



Simak Video "Kocak! Viral Facial 'Peletak Peletok' yang Bikin Pasien Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)