Rabu, 25 Sep 2019 17:06 WIB

Gas Air Mata Menyebabkan Mata Perih, Ini Cara Mengatasinya!

Lusiana Mustinda - detikHealth
Gas air mata. Foto: Massa di Tol Semanggi ditembaki gas air mata (Samsuduha) Gas air mata. Foto: Massa di Tol Semanggi ditembaki gas air mata (Samsuduha)
Topik Hangat P3K Korban Demo
Jakarta - Sempat viral sebuah foto gas air mata kedaluarsa. Gas air mata menyebabkan mata sangat perih. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika terpapar gas air mata?

Gas air mata terbuat dari beberapa senyawa kimia aktif seperti CS (chlorobenzylidenemalononitrile), CR, CN (chloroacetophenone), bromoacetone, phenacyl bromide, atau semprotan merica.


Gas air mata menyebabkan iritasi pada mata atau sistem pernapasan. Biasanya gas air mata ini disimpan dalam bentuk semprotan maupun granat.

Gas air mata ini sangat lazim dipakai oleh pihak kepolisian dalam melawan kerusuhan. Gas air mata baru maupun gas air mata kadaluarsa menyebabkan mata, hidung, mulut dan kulit terasa perih dan panas. Beberapa orang juga mengalami pandangan kabur dan hidung berair.

Dikutip detikcom beberapa waktu lalu, dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, Sp.B, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia menjelaskan cara kerja gas air mata. Menurutnya, gas tersebut memberikan efek ketika terhirup.

"Semua benda yang terhirup pasti ada efeknya. Kalau pasien yang punya alergi, terhirup akan jadi sesak. Selaput lendir di hidung itu akan bengkak," jelas dr Wisnu.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi efek dari paparan gas air mata yang dirangkum oleh detikHealth pada (25/09/19):

1. Menjauhi Paparan Gas Air Mata

Bukan dengan odol, untuk mengatasi efek gas air mata langkah pertama menurut dr Wisnu adalah dengan menjauhi paparan gas air mata. Gas ini memiliki massa yang berat sehingga lebih cepat turun ke tanah. Usahakan segera pergi ke tempat yang lebih tinggi.

2. Memakai Masker dan Kacamata

Ketika dihirup gas air mata juga bisa membuat sesak. Masker gas bisa jadi pilihan terbaik. Namun ada pilihan lain yaitu dengan menyiapkan handuk yang sudah direndam dengan jus lemon dan menyimpannya dalam kantong plastik.

Selain itu, kacamata juga dapat melindungi mata. Kacamata renang yang ketat bisa menjadi perlindungan mata kamu saat terpapar gas air mata. Dan jangan gunakan lensa kontak.

3. Dibilas dengan Air

Ketika mata terpapar gas air mata dan mulai mengalami iritasi. Pertolongan pertamanya adalah membilas mata dengan air mengalir.

4. Bersihkan wajah

Jika terlanjur terpapar gas air mata, carilah tempat yang aman dan bersihkan mata, kulit, dan rambut. Air yang mengalir dalam jumlah besar bisa membantu bersihkan gas air mata. Agar hasilnya lebih optimal, bersihkan dengan sabun dan bilas sampai bersih.






Simak Video "Ini Loh Bahayanya Masak Mie Instan Bersama Bungkusnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
Topik Hangat P3K Korban Demo