Rabu, 25 Sep 2019 18:41 WIB

Demo Pelajar Ricuh, Ini Pertolongan Pertama Patah Tulang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ricuh di flyover Slipi. Foto: Bil/detikcom Ricuh di flyover Slipi. Foto: Bil/detikcom
Topik Hangat P3K Korban Demo
Jakarta - Aksi demonstrasi yang dilakukan kelompok pelajar masih berlanjut hingga Rabu (25/9/2019). Aksi kerap kali berlangsung anarkis hingga menimbulkan sejumlah luka.

Salah satunya trauma seperti fraktur atau patah tulang akibat terjatuh, kecelakaan, atau terkena benda tumpul. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut penanganan untuk luka tersebut secepatnya.



1. Segera hentikan perdarahan

Jika ada bagian yang cedera berdarah, bagian tersebut harus segera dibersihkan. Alat yang digunakan tentu harus steril dan bisa menyerap air.

2. Jangan Digerakkan

Bagian yang retak jangan digerakkan atau dipaksa dalam posisi tertentu. Jika pernah menjalani pelatihan bagaimana membungkus luka retak, keahlian splint bisa diterapkan di bagian bawah dan atas bagian yang cedera.

3. Gunakan kantong es

Gunakan kantong es di bagian yang bengkak akibat cedera. Kantong es bisa meredakan rasa sakit, meksi tidak menyembuhkan.

4. Perhatikan kondisi korban

Kondisi korban yang tampak lemas atau napasnya pendek juga harus diperhatikan. Kepala korban bisa diletakkan lebih rendah daripada bagian yang cedera. Bila memungkinkan kakinya bisa diangkat.

5. Panggil bantuan

Bantuan sebaiknya tetap dipanggil meski korban telah mendapat penanganan darurat. Apalagi jika korban kehilangan kesadaran, detak jantungnya tidak teratur, atau ada kemungkinan cedera lain di punggung, leher, atau kepala.



Simak Video "Atasi Diare Pertama dengan Buat Cairan Oralit Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
Topik Hangat P3K Korban Demo