Kamis, 24 Okt 2019 13:11 WIB

dr Terawan Naik Pangkat Jadi Letjen

Marlinda Oktavia Erwanti - detikHealth
Kepala RSPAD dr. Terawan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Jakarta. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr Terawan ternyata mendapat kenaikan pangkat dari mayjen menjadi letjen sebelum dilantik Jokowi sebagai Menteri Kesehatan. Dia mengaku bahagia dapat kenaikan pangkat.

"Sebelum dilantik, memang saya naik pangkat dan RSPAD itu naik pangkatnya bintang 3. Sudah ada Perpres Nomor 66 yang sudah diundangkan," kata Terawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).



Terawan menyatakan saat ini sudah pensiun dari TNI. Dia mengaku pensiun sejak dilantik sebagai Menkes.

"Ya senang, bahagia, namanya naik pangkat dan saya sudah mengakhiri masa dinas aktif saya, pensiun tertanggal sejak dilantik menjadi Menkes," ucapnya.



Selain berbicara soal kenaikan pangkatnya, Terawan juga menanggapi soal protes dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait penunjukan dirinya sebagai Menkes. Dia mengaku akan berkomunikasi dengan pihak IDI.

"Pasti komunikasi, hanya waktunya. Kan banyak prioritas pekerjaan yang lebih harus kita kedepankan, mengingat masalah kesehatan harus kita bergerak cepat untuk mengeksekusinya, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa segera tercapai," jelasnya.

Pensiun Setelah Naik Pangkat

Setelah naik pangkat, Terawan kemudian pensiun dari TNI. Dia diberhentikan dengan hormat dari TNI lewat Keppres 94/TNI/2019 tentang Pemberhentian dengan Hormat Perwira Tinggi TNI bertanggal 22 Oktober 2019.

"Memberhentikan dengan hormat dari dinas keprajuritan Tentara Nasional Indonesia karena mengakhiri masa ikatan dinas," demikian bunyi Keppres tersebut.



Simak Video "Menkes Terawan Terbitkan Protokol COVID-19 untuk Konser"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/up)