Jumat, 20 Des 2019 12:09 WIB

Setelah Suntik Serum, Ini Tips Bantu Pemulihan Usai Digigit Kobra

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tak semua RS punya serum anti bisa ular (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Belakangan ini, kian ramai kasus teror ular kobra yang menyerang area pemukiman warga. Jenis ular tersebut diketahui memiliki kandungan bisa yang tinggi, sehingga harus ditangani dengan tepat.

Berbagai pertolongan pertama seperti menghambat pergerakan di area tergigit atau imobilisasi, bisa membantu sampai menemukan Serum Anti Bisa Ular (SABU) yang masih sulit dijumpai di beberapa rumah sakit atau puskesmas. Lalu bagaimana proses pemulihannya?

"Setelah diatasi dengan pertolongan pertama dan juga serum tentunya, tubuh mengalami proses pemulihan yang perlu dibantu dengan imunitas. Jika kondisi tubuh dan imun buruk, ditambah sugesti atau pemikiran yang negatif tubuh akan lambat untuk pulih kembali," jelas Muhammad Dzawil Arham, salah satu pakar ular dari Yayasan Sioux Ular Indonesia pada detikcom, Kamis (19/12/19).



Menurut Dzawil, saat tubuh dan imunitas dalam kondisi baik kinerja racun bisa ular tersebut perlahan dapat diatasi tentunya dengan bantuan serum juga. Selain itu, juga harus diberikan asupan yang memiliki protein tinggi.

Beberapa jenis makanannya seperti, berbagai macam daging termasuk daging kambing, telur, bahkan madu. Tapi, di Sioux sendiri lebih sering mengkonsumsi madu yang mengandung royal jelly.

"Setelah diberikan pertolongan termasuk serum itu, kalau bisa segera berikan si korban asupan yang berprotein tinggi. Ini bisa mendorong tubuh untuk lebih cepat pulih dan juga menyembuhkan luka. Karena kan royal jelly itu bisa membantu untuk meregenerasi jaringan yang ada di tubuh," katanya.



Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)