Kamis, 26 Des 2019 18:02 WIB

Anak Obesitas karena Susu Kental Manis Bisa Jadi Tanda Kurang Gizi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Susu kental manis. Foto: Istimewa
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau susu kental manis (SKM) mempunyai kandungan gula yang tinggi. Mengonsumsi SKM secara berlebihan juga bisa menyebabkan obesitas, terlebih bila ini terjadi pada anak-anak.

Anak yang obesitas akibat terlalu banyak mengonsumsi SKM disebut peneliti bisa jadi mengalami kekurangan gizi. Ketua Bidang Kesahatan Pimpinan Pusat Muslimat NU (Nahdlatul Ulama), dr Erna Yulia Sofihara, menjelaskan ini karena kandungan gula pada SKM membuat perut anak cepat kenyang sehingga mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi pada tubuh anak.


"Otomatis kalau sudah minum susu (SKM) itu kenyang perutnya dia nggak mau makan yang lain anaknya itu, otomatis di dalam tubuhnya kekurangan vitamin, protein, mineral dan sebagainya. Yang ada gula saja di tubuh dan anak juga biasanya yang terlalu banyak konsumsi gula jadi gemuk nggak karu-karuan. Gemuk tapi lembek gitu nggak lincah," kata dr Erna saat ditemui pada Kamis (26/12/2019).

Dampak yang ditimbulkan akibat kurangnya nutrisi ini dapat terlihat mempengaruhi sistem motorik anak.

"Kalau obesitas kan sudah kelihatan, tapi kalau secara anak kurang gizi dilihat dari tingkat motorik. Kan ada perkembangan anak misalnya harusnya usia sekian bulan sudah bisa megang, nah dari situ kita bisa lihat dan itu harus konsultasi ke tumbuh kembang anak, kalau untuk itu sudah ke medis," lanjut dr Erna.

"Secara kasat mata kita bisa membedakan. Ini anak seharusnya sudah bisa duduk, tapi belum. Jadi tidak hanya badannya yang kurang sehat tapi secara kecerdasannya pun tidak," pungkasnya.



Simak Video "Anak Doyan Minum Manis? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)