Rabu, 15 Jan 2020 15:03 WIB

Viral Tukang Bakso Rebus Mi Bareng Bungkusnya, Bahaya Kalau Masuk Usus!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Material plastik bungkus mi instan yang ikut direbut bisa masuk ke usus (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Di media sosial viral video yang menunjukkan seorang penjual bakso tampak merebus dua mi instan bersama bungkusnya. Sebagian netizen khawatir tentang risiko dari bungkus plastik, dan mempertanyakan apakah tindakan tersebut baik untuk kesehatan.

Jika kamu pernah melakukan hal serupa, dan merasa baik-baik saja, hal itu rupanya perlu diwaspadai. Mengapa begitu?

Menanggapi hal ini, Dr dr Agi Satria Putranto, SpB-KBD, dari Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo menjelaskan, memasak mi instan dengan bungkusnya dapat berbahaya bagi kesehatan pencernaan.



"Oh tentunya kan itu plastik ya, tentunya sangat berbahaya, tidak baik untuk kesehatan, itu dikaitkan dengan fungsi pencernaan, jika plastiknya ada yang termakan kan berbahaya, plastik itu dihancurkannya kan tidak bisa maksimal," jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, jika seseorang merasa baik-baik saja saat mengonsumsi mi instan dengan bungkusnya, hal itu dikarenakan efeknya baru akan timbul sekitar 2 hingga 5 tahun ke depan. Maka dari itu, ia menyarankan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.

"Karena dari lambung masuk ke usus dua belas jari itu kan dia sempit lubangnya, bisa juga itu nanti yang menyebabkan gangguan pencernaan," pungkasnya.



Simak Video "Ulat Pemakan Plastik Ini Disebut Bisa Bantu Berantas Sampah Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)