Sabtu, 18 Jan 2020 12:00 WIB

Belum Tentu Egois, Duduk Ngangkang di KRL Bisa Jadi karena Ada Penyakit

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Posisi duduk ngangkang di KRL. (Foto: Nafilah Sri Sagita/detikHealth)
Jakarta - Suka naik KRL? Kamu pasti sering liat cowok duduk posisinya ngangkang. Selain kurang etis, hal ini kadang bikin kamu gemes sendiri, dan nggak tahan buat negur kalau posisi duduknya ganggu kenyamanan penumpang lain.

Eits, tapi jangan buruk sangka dulu ya. Masalahnya, nggak setiap orang duduk ngangkang di KRL cuma karena kebiasaan mereka aja. Bisa jadi orang yang lagi duduk ngangkang punya masalah sama kesehatannya, lho.

Ahli ortopedi dan traumalogi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Dr dr Andri Lubis, SpOT (K) mengatakan cowok yang duduk dengan posisi ngangkang kemungkinan punya masalah sama pinggulnya.

"Bisa saja duduk ngangkang dilakukan karena ada masalah pada pinggul, mereka ngehindarin posisi yang bikin sakit," jelasnya saat dihubungi detikcom Jumat, (17/1/2020).


Menurut Dr Andri, salah satu masalah pinggul yaitu arthritis adalah, kondisi yang membuat aus sendi pinggul sehingga menimbulkan rasa sakit, dan kesulitan dalam bergerak.

Selain arthritis, masalah pinggul lain seperti avascular necrosis bisa jadi penyebabnya. Apa itu?

Avascular necrosis adalah kondisi jaringan tulang yang mati karena kekurangan pasokan darah. Sendinya ini akan terasa sakit saat bergerak, bahkan dalam posisi berbaring, lho.

Selain itu, nyerinya juga terasa lebih berat pada sendi yang menahan berat badan tubuh, seperti sendi di daerah pangkal paha atau bokong. Hal ini membuat mereka lebih nyaman duduk dengan posisi ngangkang.

Nah, sudah tau kan alasan mengapa sebagian orang duduk dengan posisi ngangkang? Jadi jangan langsung buruk sangka ya kalau ketemu cowok duduk di KRL posisi duduknya ngangkang.



Simak Video "Apakah Jenazah Pasien Corona Bisa Menularkan Virus? Ini Kata WHO!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)