Jumat, 13 Mar 2020 18:24 WIB

Virus Corona Tulari 2 Bayi di Indonesia, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sosialisasi dan edukasi pencegahan virus corona dilakukan di Stasiun Gambir, Jumat, (31/1/2020). Berikut foto-fotonya. Infeksi virus corona COVID-19 pada anak bisa dicegah dengan cuci tangan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kasus pasien positif virus corona Covid-19 bertambah 35 orang. Kini total ada 69 orang di Indonesia yang positif corona. Dua orang di antaranya masih bayi.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, yang mengadakan jumpa pers di Kantor Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Dalam sebuah wawancara, dr Miza Dito Afrizal, SpA, BMedSci, MKes, dari RSIA Tumbuh Kembang menjelaskan bahwa anak-anak yang terinfeksi virus corona Covid-19 umumnya hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek. Sementara itu, kasus yang mengalami gejala berat hingga sesak napas angkanya cukup rendah.

"Dari 1.099 pasien yang terinfeksi, 9 di antaranya adalah anak-anak berusia 0-14 tahun. Tetapi hanya ada 1 anak yang mengalami gejala berat sedangkan 8 anak lainnya hanya mengalami gejala ringan," katanya, mengutip data The New England Journal of Medicine (NEJM) kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Selain itu dr Miza juga menambahkan bahwa cara mencegah tertular virus corona Covid-19 pada anak-anak sama dengan orang dewasa, yaitu dengan mencuci tangan dan menjauhi orang yang dalam keadaan sakit.

"Cara pencegahan anak-anak dan dewasa sama saja, seperti menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, dan menjauhi orang yang sedang batuk atau pilek," jelasnya



Simak Video "WHO Sebut Pandemi Corona Tahun Kedua Lebih Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)