Sabtu, 20 Jun 2020 14:00 WIB

Protokol Kesehatan untuk Personal Trainer di Gym Agar Bebas Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Personal Trainer Coaching a Female Athlete While Lifting Weights Personal trainer diwajibkan patuhi protokol kesehatan. (Foto: iStock)
Topik Hangat Protokol New Normal
Jakarta -

Beberapa pusat kebugaran mulai dibuka. Selain menjaga kebersihan alat fitness dan menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, personal trainer juga harus dalam keadaan sehat sebelum melakukan pekerjaannya.

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan merilis protokol pencegahan penularan Corona di fasilitas umum. Sesuai dengan keputusan tersebut, sarana kebugaran wajib mematuhi panduan agar tempat tersebut aman dari penularan virus Corona.

"Sebelum instruktur, personal trainer, pekerja, dan anggota datang ke pusat kebugaran, dilakukan self assessment risiko COVID-19. Jika ditemukan suhu >37,3 tidak diijinkan masuk ke pusat kebugaran," demikian kutipan Keputusan Menkes tersebut seperti yang diterima detikcom, Jumat (19/6/2020).

1. Pastikan kondisi sehat

Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah. Periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut, serta laporkan pada pimpinan tempat kerja.

2. Mengenakan 'pelindung' Corona

Saat perjalanan dan selama bekerja, selalu gunakan
masker. Jika diperlukan dapat menggunakan tambahan pelindung mata (eye protection) atau pelindung wajah (faceshield).

3. Patuhi protokol kesehatan

Menjaga jarak dengan orang lain, hindari menyentuh area wajah. Jika terpaksa akan menyentuh area wajah pastikan tangan bersih dengan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

4. Bersihkan area kerja

Melakukan pembersihan area kerja masing-masing sebelum
dan sesudah bekerja. Pekerja harus selalu berpartisipasi aktif mengingatkan anggota untuk menggunakan masker.

5. Ganti baju

Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah, serta membersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

6. Konsumsi makanan sehat

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.



Simak Video "WHO Sarankan Jangan Pakai Masker saat Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Protokol New Normal