Senin, 22 Jun 2020 21:00 WIB

ROUND UP

Menebak-nebak Arah Mutasi Virus Corona, Melemah atau Justru Makin Liar?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mutasi virus corona yang membingungkan para ilmuwan Mutasi virus Corona melemah atau semakin liar? (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Mutasi virus Corona masih jadi fokus perhatian para ilmuwan. Pandangan tentang hal itu seakan terbelah, ada yang menyebut mitasi bikin virus melemah tetapi ada juga yang mengatakan virusnya makin sulit dikendalikan.

Menurut studi dari State Key Laboratory of Respiratory Disease di Guangzhou dan Shanghai Public Health Clinical Centre, mutasi bakal membuat virus Corona bertahan lama. Bahkan ada pakar mengatakan, vaksin pun tidak bisa menghentikannya dalam waktu singkat.

"Ketika itu (virus Corona) bermutasi, vaksin yang efektif pun bisa tidak bisa membuat virus tidak aktif lagi dalam waktu yang singkat," kata Profesor Qiu Tianyi dan Leng Qibin, peneliti di studi tersebut, dikutip dari South China Morning Post, Senin (22/6/2020).

Peneliti dari Scripps Research di Florida, mengatakan mutasi genetik pada virus Corona bisa meningkatkan kemampuannya menginfeksi sel tubuh. Bahkan pada April lalu, mutasi ini menyumbang sekitar 65 persen kasus baru.

Mutasi virus yang disebut D614G ini punya jumlah mahkota yang lebih banyak, yang digunakan untuk mengikat dan membobol sel tubuh manusia. Mahkota inilah yang disebut membuatnya lebih stabil.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3