Kamis, 16 Jul 2020 05:27 WIB

8 Kesalahan Pakai Masker yang Membuatnya Nyaris Tak Berguna

Elsa Himawan - detikHealth
Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). Mural yang dibuat oleh warga itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker sebagai salah satu  pencegahan dan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww. Pakai masker cuma di dagu adalah salah satu kesalahan yang membuatnya nyaris tak berguna (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

5. Menggunakan masker (medis) secara terbalik

Jika diperhatikan, masker medis memiliki kawat di salah satu bagian. Kamu harus menaruh bagian yang terdapat kawat tersebut, pada ujung hidung bukan dagu. Kawat tersebut berfungsi untuk menahan masker agar tetap menempel pada hidung. Oleh sebab itu, kamu bisa menekuk kawat itu dan menyesuaikannya dengan ukuran hidung.

6. Menukar masker bagian luar dan dalam

Masker memiliki dua sisi, yaitu sisi luar dan dalam. Jika kamu menggunakannya secara asal tanpa memperhatikan dua sisi itu, maka potensi virus yang masuk justru lebih besar. Virus otomatis lebih banyak menempel pada masker bagian luar. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali menukar masker bagian luar menjadi bagian dalam.

7. Sering menyentuh masker

Masker bagian luar lebih banyak ditempeli oleh virus. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali membiarkan tanganmu untuk menyentuh masker. Apalagi sesudahnya, kamu menyentuh bagian wajah. Otomatis, virus tersebut menjadi menyebar ke mana-mana.

8. Menggunakan masker basah atau kotor

Gunakanlah masker yang bersih. Rajinlah mencuci masker atau menggantinya dengan yang baru. Menggunakan masker basah dan kotor dapat menimbulkan rasa kurang nyaman dan tidak baik juga untuk pernapasan.

Itulah delapan kesalahan dalam menggunakan masker yang harus kamu perhatikan. Tak hanya itu, upayakan untuk tidak melepas masker di manapun kamu berada dengan alasan apapun, guna mencegah masuknya berbagai virus, termasuk Corona.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Jangan Salah! Selalu Perhatikan Caramu Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya