Selasa, 21 Jul 2020 09:10 WIB

Kecanduan Minum Boba, Remaja Ini Tak Bisa Berjalan dan Menggerakkan Tangan

Ayunda Septiani - detikHealth
Raw Dry Organic Tapioca Pearl Balls in a Bowl Remaja ini tak bisa berjalan karena kecanduan minum boba. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Boba atau milk tea merupakan minuman kekinian yang banyak digemari. Minuman manis ini populer di kalangan anak muda bahkan orang dewasa sekalipun. Bukan suatu hal yang sulit untuk menemukan toko-toko yang menjual minuman manis ini.

Namun, terlalu sering meminum boba dapat membahayakan kesehatan. Seperti kisah seorang remaja yang dirawat di rumah sakit setelah ia mengalami efek dari kecanduan minum bubble tea terlalu banyak. Remaja yang berusia 18 tahun yang tak disebutkan namanya ini berasal dari Provinsi Guangdong Selatan China.

Ia dibawa ke rumah sakit terdekat setelah merasakan sakit dan peradangan pada persendian tangan dan kakinya. Remaja tersebut mengaku setidaknya ia meminum bubble tea satu gelas per hari dengan kadar gula tinggi. Sebelum ia dirawat oleh dokter ia mengalami gejala gout atau radang sendi.

Dikutip dari laman News.com.au, remaja tersebut tidak bisa menggunakan tangannya dan berdiri. Ia mengatakan kakinya seperti berubah menjadi batu karena penumpukkan kristal di persendiannya. Tangannya pun berubah menjadi bengkak dan ukurannya berbeda dari tangan orang normal.

"Ketika pasien tiba, keempat anggota tubuhnya sudah tidak bisa difungsikan," kata rheumatologist Rumah Sakit Zheng Shaoling.

Dia menjelaskan bahwa gout muncul dengan gejala termasuk rasa sakit, kemerahan, pembengkakan pada persendirian dan kadar asam urat remaja yang sangat tinggi.

"Kami memberikannya obat anti-inflamasi dan untungnya berhasil mengurangi kadar asam urat," tambahnya.

Sebelumnya, seorang remaja asal China lainnya juga kecanduan minum boba, disebutkan ia koma selama lima hari setelah dirinya mengonsumsi boba secara berlebihan. Ia sangat menggemari boba, sampai-sampai ia memesan minuman manis ini setiap hari. Dalam sehari, ia bisa minum 2 gelas boba. Kebiasaan ini terus berjalan selama sebulan penuh.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)