Senin, 27 Jul 2020 05:00 WIB

Korut Tetapkan Status Darurat Menyusul Laporan Suspek Pertama COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini. Korea Utara melaporkan suspek pertama COVID-19 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Korea Utara menerapkan lockdown di kota perbatasan, Kaesong, menyusul laporan suspek virus Corona COVID-19. Jika terkonfirmasi maka ini merupakan kasus pertama di wilayah kekuasaan Kim Jong-un.

Dikutip dari Aljazeera, Korean Central News Agency (KCNA)melaporkan bahwa Jong-un menggelar pertemuan darurat politbiro untuk menerapkan 'sistem darurat maksimum dan mengeluarkan peringatan kelas atas' untuk meng-contain atau mengendalikan virus tersebut.

"Virus ganas tersebut mungkin telah masuk negara ini," demikian media tersebut mengutip Jong-un.

"Langkah pencegahan menutup total Kota Kaesong," lanjutnya.

Sebelumnya, Pyongyang berkeras bahwa tidak ada satupun kasus COVID-19 di negara tersebut meski pandemi telah merata hampir di seluruh dunia. Pasien yang ditemukan di Kaesong saat ini berada dalam karantina ketat.

Baru-baru ini, seorang pembelot yang lari ke Korea Selatan dilaporkan telah kembali melalui Kaesong dan mengalami gejala COVID-19. Pasien tersebut telah dikarantina dan orang-orang yang terlibat kontak telah diinvestigasi.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)