Selasa, 04 Agu 2020 10:29 WIB

Bukan Cuma Cantik, Ini Khasiat dari Kol Ungu

Inkana Putri - detikHealth
Kol Ungu Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selama new normal, masyarakat terus diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Ketiganya memang mampu melindungi diri dari infeksi virus dan penyakit dari luar, namun hal tersebut harus diimbangi dengan proteksi dari dalam tubuh.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus adalah mengonsumsi vitamin C yang berasal dari buah dan sayur. Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan atau suplemen. Kol ungu disebut menjadi salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C. Selain warnanya yang cantik dan unik, siapa sangka ternyata sayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat.

Melansir Healthline, di dalam kol ungu terdapat vitamin C sebanyak 56%. Kol ungu juga mengandung nutrisi lainnya seperti protein, serat, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan Potasium. Hal ini membuat kol ungu memiliki banyak manfaat tak hanya untuk daya tahan tubuh, tetapi juga untuk penyakit lainnya seperti berikut.

Melawan Peradangan

Salah satu manfaat dari kol ungu adalah bisa melawan peradangan yang merupakan penyebab dari banyak penyakit. Di dalam kol ungu, terdapat kandungan sulforaphane yang mampu memberikan efek inflamasi bagi tubuh. Bahkan, kol ungu juga disebut bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak hanya berwarna unik, kandungan 36 jenis anthocyanin yang memberikan warna khas ungu bermanfaat terhadap kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan beberapa wanita yang teratur mengonsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin dapat terhindar dari risiko serangan jantung sebesar 11% - 32% lebih rendah.

Menguatkan Tulang

Kol ungu mengandung beberapa nutrisi bermanfaat bagi tulang, yakni vitamin C dan K, Kalsium, Mangan, dan Seng. Nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang dan membantu melindungi sel-sel tulang dari kerusakan. Selain itu, vitamin K juga terbukti berperan dalam mempertahankan tulang yang kuat dan sehat.

Mengurangi Risiko Kanker

Siapa sangka kalau sayuran yang satu ini mampu melindungi Anda dari jenis kanker tertentu? Kandungan sulforaphane dan anthocyanin dalam kol ungu dipercaya memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kol ungu dapat menurunkan risiko kanker usus besar 18% lebih rendah. Selain itu, sulforaphane disebut dapat membantu membunuh sel kanker atau mencegahnya tumbuh dan menyebar menjadi kanker.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi kol ungu. Pasalnya, kol ungu dapat meningkatkan fungsi usus dan menurunkan peradangan pada usus. Kol ungu juga merupakan sumber serat yang bisa menjaga kesehatan usus dan membantu mencerna makanan sehingga mengurangi risiko sembelit.

Itulah beberapa manfaat dari kol ungu. Banyaknya kandungan nutrisi dalam kol ungu membuat sayuran yang satu ini cocok untuk dikonsumsi selama new normal agar daya tahan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Untuk menghadapi masa new normal, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan Vitamin C harian dengan Blackmores Bio C yang mengandung Vitamin C 1000mg dengan Double C Formula.

Vitamin C yang terkandung di Blackmores Bio C juga dilapisi mineral askorbat sehingga lebih aman di lambung. Blackmores Bio C dilengkapi dengan citrus bioflavonoid yang membantu penyerapan vitamin C di dalam tubuh. Dengan daya tahan tubuh terjaga, anda siap menghadapi new normal.

Lengkapi juga kebutuhan vitamin dan mineral dengan Blackmores Multivitamins + Minerals dengan Multi Advanced Formulation diperkaya 17 vitamin dan 6 mineral. Selain mengandung multivitamin dan mineral lengkap, produk ini juga mengandung vitamin C 200 mg untuk bantu juga daya tahan tubuh dan menjaga stamina Anda. #BeSureWithBlackmores.

(prf/ega)