Selasa, 01 Sep 2020 18:18 WIB

Tara Basro Dituding Antivaksin, Kenapa Ada Orang yang Tak Mau Divaksin?

Ayunda Septiani - detikHealth
Tara Basro Tara Basro dibully gara-gara posting soal vaksin Corona. (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta -

Nama artis Tara Basro pada hari Selasa (1/9/2020), trending di Twitter. Aktris berusia 30 tahun ini tampaknya terlibat cekcok dengan netizen akibat posting soal vaksin.

Beberapa netizen membagikan tangkapan layar yang menunjukkan instastories Tara Basro yang mengunggah ulang pendapat dari akun Twitter @AliBeckZeck yang berpendapat bahwa perusahaan farmasi sengaja memanfaatkan ketakutan masyarakat terhadap virus untuk menyuntikkan vaksin yang berisi senyawa kimia berbahaya ke tubuh.

Seiring dengan pengembangan vaksin yang dilakukan di seluruh dunia, makin banyak orang yang terang-terangan mengaku tak mau divaksinasi. Ada beragam alasan seseorang tak mau divaksinasi, namun biasanya karena berkaitan dengan hal yang sifatnya personal.

"Tanya orang yang antivaksin itu alasan sangat personal, ada yang alasan agama, ada yang alasan kesehatan (biasanya sedikit) ada yang alasan anak sakit dan lainnya," jelas Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, saat dihubungi detikhealth, Selasa (1/9/2020).

Melihat maraknya informasi yang tidak tepat mengenai virus Corona, dr Miko juga berpesan agar masyarakat selalu melakukan validasi dan pengecekan sebelum membagikan informasi apapun ke media sosial.

"Menjaring informasi, ketika kita mendapat informasi lakukanlah validasi informasi kepada orang tahu dan yang ahlinya," pungkas dr Miko.



Simak Video "Dituding Anti Vaksin Corona, Tara Basro Murka"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya