Sabtu, 05 Sep 2020 17:34 WIB

Reza Artamevia Tersandung Narkoba, 8 Artis Ini Pernah Terciduk Pakai Sabu

Ayunda Septiani - detikHealth
Reza Artamevia saat ditemui di Balai Sarbini. Reza Artamevia tersandung sabu (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Penyanyi Reza Artamevia diamankan pihak kepolisian. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Reza Artamevia ditangkap bersama barang bukti berupa sabu.

"Diduga (narkoba), bukan ditangkap. Sampai sekarang baru diamankan, masih dalam pemeriksaan," ujar Yusri pada detikcom, Sabtu (5/9/2020).

"Ada sabu," kata Yusri ketika dihubungi detikcom.

Sabu merupakan jenis stimulansia yang bekerja di susunan saraf pusat, istilah populer untuk metamphetamine dan amphetamine, dua obat yang strukturnya mirip. Obat ini memicu pelepasan dopamin yang memberikan efek rasa senang, energik, dan penuh percaya diri.

Meski demikian, masih belum ada pernyataan resmi Reza positif menggunakan sabu. Rilis kasus terkait baru akan dilaksanakan Senin, 7 September 2020.

Berikut rangkuman detikcom beberapa tokoh artis lain yang pernah tersandung kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

1. Mudy Taylor

Komika Mudy Taylor ditangkap polisi pada September tahun lalu di rumahnya dengan barang bukti 0,18 gram sabu dan dua buah alat penghisap. Mudy mengaku memakai sabu sejak tahun 2003 untuk bekerja menghasilkan karya. Setiap bulan, Mudy bisa mengambil stok narkoba sebanyak 3 hingga 4 kali.

"Setelah kita tanya kembali kenapa menggunakan sabu, yang bersangkutan menyampaikan ini adalah untuk kenyamanan dalam bekerja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (24/9/2018).

2. Reza Bukan

Komedian Reza Bukan juga ditangkap karena menyalahgunakan sabu pada Juli 2018 lalu. Kepada polisi ia mengaku memakai sabu sejak tahun 2014 demi meningkatkan semangat dirinya saat bekerja.

"Untuk menghilangkan stres dan memberi semangat dalam bekerja," ucap Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick frendriz kala itu.

3. Agung Saga

Artis FTV Agung Saudaga alias Agung Saga (AS) ditangkap polisi pada bulan April lalu oleh Subdit II Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Agung Saga mengaku mengonsumsi sabu sejak tahun 2015 untuk menjaga ketahanan tubuh.

"Jadi biar kerja masih fit staminanya. Kemudian juga pada saat syuting film karena kejar tayang badan tetap fit," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

4. Jupiter Fortissimo

Pesinetron Jupiter Fortissimo (JF) ditangkap untuk kedua kalinya pada Februari 2019 lalu setelah baru bebas tahun 2018 karena kasus penyalahgunaan narkotika. Menurut Argo motif JF menggunakan sabu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Ini yang kadang-kadang jadi salah kaprah, itu keliru. Kalau mau kuat ya banyak makan buah, vitamin C, olahraga," cetus Argo.

5. Fachri Albar

Pada tahun 2018 aktor Fachri Albar ditangkap dan didakwa karena memiliki 4 jenis narkotika berupa ganja, sabu, hingga dumolid. Jaksa menyebut Fachri merasa tubuhnya semakin semangat setelah mengkonsumsi narkotika tersebut.

"Yang terdakwa rasakan setelah menggunakan narkotika jenis sabu badan menjadi lebih segar dan semangat," kata Jaksa Penuntut Umum Arya Wicaksana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kala itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2