Jumat, 11 Sep 2020 07:30 WIB

Viral Kena COVID-19 Jelang Sidang Skripsi, Mahasiswa Ini Titip Pesan Penting

Ayunda Septiani - detikHealth
Achmad Bachtiar mahasiswa di Depok yang kena COVID-19 Awalnya tak percaya, seorang mahasiswa akhirnya malah terinfeksi dan harus isolasi mandiri menjelang sidang skripsi. (Foto: dok. Pribadi)
Topik Hangat Kisah di Garis Depan
Jakarta -

Curhat seorang mahasiswa terinfeksi virus Corona mendadak viral di media sosial. Mahasiswa bernama Achmad Bachtiar membagikan aktivitas sehari-harinya saat harus menjalani isolasi mandiri, dengan harapan semakin banyak orang sadar akan bahaya COVID-19.

"Awalnya aku nggak percaya sama pandemi COVID-19 ini. Sampai aku dan kakak aku dinyatakan positif COVID-19 pada akhir bulan Juli lalu," tulis Achmad dalam video tersebut, setelah dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/9/2020).

Ia tertular dari sang kakak yang lebih dulu menjalani isolasi mandiri di rumah. Pasalnya, ia dan sang kakak memang tinggal berbarengan.

COVID-19 ini belum selesai teman-teman. Dia masih berkeliaran di lingkungan kita dan semua orang bisa terinfeksi dan terkena gejala yang sama. Jadi tolong tetap jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan dengan sangat baik dan tetaplah di rumah dulu jika kalian tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluarAchmad Bachtiar - Mahasiswa, pejuang COVID-19

Sementara itu, sang kakak tertular Corona dari rekan kerjanya. "Jadi kakak saya isolasi mandiri dan karena saya berdua saja di rumah, jadi saya ikutan isolasi mandiri, terus seiring berjalannya waktu saya juga tertular," jelas Achmad.

[Gambas:Instagram]




Setelah dinyatakan terinfeksi virus Corona, Achmad berhasil pulih dalam waktu 3 minggu. Setelah 3 kali melakukan tes swab masih dinyatakan positif, akhirnya tes swab yang keemlat menunjukkan dirinya negatif Corona. Sama seperti Ahmad, sang kakak juga akhirnya dinyatakan negatif dari Corona.

Dari pengalamannya tersebut, Achmad memberi pesan kepada teman-teman yang masih belum percaya dengan virus Corona untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Saya tahu dan saya memaklumi kalau temen-temen yang sudah membaca atau melihat video saya itu dan kalian masih ga percaya akan COVID-19. Karena kita nggak kenal dekat atau mungkin dilingkungan kalian saat ini juga belum ada yang terkena," Jelas Achmad saat dihubungi detikcom, Kamis (10/9/2020).

"COVID-19 ini belum selesai teman-teman. Dia masih berkeliaran di lingkungan kita dan semua orang bisa terinfeksi dan terkena gejala yang sama. Jadi tolong tetap jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan dengan sangat baik dan tetaplah di rumah dulu jika kalian tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluar," tambahnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Kisah di Garis Depan