Minggu, 20 Sep 2020 14:37 WIB

Masuk Musim Pancaroba, Waspadai Berbagai Jenis Penyakit Ini

Abu Ubaidillah - detikHealth
Masker Foto: shutterstock
Jakarta -

Masa peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan sudah mulai tiba ditandai dengan turunnya hujan di beberapa wilayah Indonesia. Hujan dapat menjadi berkah bagi seluruh makhluk di bumi, namun masyarakat juga perlu lebih waspada terhadap berbagai macam penyakit yang rentan terjadi di musim ini.

Selama musim hujan, sistem pertahanan tubuh melemah, berbagai jenis penyakit pun bisa menyerang tubuh. Lalu, apa saja penyakit yang sering terjadi selama musim hujan? Dilansir dari Indus Health Plus, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pilek dan Flu

Perubahan suhu drastis yang terjadi pada musim hujan membuat tubuh mudah terserang bakteri dan virus yang mengakibatkan masuk angin dan flu. Ini adalah jenis penyakit yang umum terjadi ketika musim hujan.

Untuk melindungi tubuh, seseorang harus mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan memperkuat kekebalan agar tubuh mampu melawan kuman dengan memproduksi antibodi untuk melawan virus dan bakteri.

2. Malaria

Genangan air yang muncul akibat hujan deras menjadi tempat yang nyaman untuk nyamuk malaria berkembang biak. Penyebaran malaria bisa dicegah dengan memastikan tak ada genangan atau sumbatan air yang bisa menjadi sarang nyamuk.

3. Demam Berdarah

Selain itu, penyakit demam berdarah juga bisa mengancam jiwa. Meski disebabkan oleh virus dengue, pembawa penyakit ini sesungguhnya adalah nyamuk sehingga menjaga tubuh dari segala bentuk gigitan nyamuk bisa menjamin untuk terhindar dari demam berdarah.

4. Kolera

Kolera adalah infeksi yang terbawa air, disebabkan oleh banyak jenis bakteri yang disebut Vibrio cholerae. Kolera mempengaruhi saluran pencernaan yang menyebabkan dehidrasi parah dan diare. Minum air yang direbus, diolah, atau dimurnikan dapat menjauhkan tubuh dari penyakit ini.

5. Tifus

Tifus atau demam tifoid disebabkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Menjaga kebersihan dan sanitasi yang baik menggunakan air bersih sangat dianjurkan.

6. Hepatitis A

Hepatitis A juga disebabkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi air, terutama mempengaruhi hati. Beberapa gejala hepatitis A yang umum adalah demam, muntah, ruam, dan lain-lain. Menjaga kebersihan adalah salah satu cara penting untuk menghindari risiko ini.

Itu dia beberapa jenis penyakit yang umum terjadi ketika musim hujan tiba. Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit tersebut, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pemesanannya pun bisa dilakukan dari rumah saja tanpa keluar rumah, yakni melalui fitur GrabHealth pada aplikasi Grab. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter apabila merasa tidak enak badan untuk memastikan jenis penyakit apa yang dialami dan obat yang dianjurkan untuk dikonsumsi.



Simak Video "Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)