Minggu, 18 Okt 2020 05:29 WIB

Uji Coba Vaksin Corona di Indonesia, Sudah Sampai Mana Kelanjutannya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Female doctor holding a syringe Vaksin COVID-19 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Salah satu kandidat vaksin COVID-19 tengah menjalani uji klinis fase III di Bandung, Jawa Barat. Sudah sampai mana perkembangan terkini uji tersebut?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Jumat (16/10/2020) telah melakukan inspeksi pelaksanaan uji klinis vaksin Sinovac di Puskesmas Garuda dan Puskesmas Dago, Bandung. Sebelumnya, inspeksi juga telah dilakukan di seluruh senter uji pada 8-9 September.

"Hasil inspeksi menunjukkan tidak ada temuan yang bersifat kritikal," kata Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam rilisnya, Sabtu (17/10/2020).

Saat ini, uji klinis vaksin Sinovac telah memasuki tahap rekrutmen subjek terakhir i Indonesia. Selanjutnya, akan dilakukan pengamatan efikasi atau khasiat serta keamanan vaksin.

"Sejauh ini tidak ditemukan adanya reaksi yang berlebihan atau Serious Adverse Event, hanya reaksi ringan seperti umumnya pemberian imunisasi," kata Penny.

BPOM akan melakukan monitoring secra berkala untuk mendapatkan data khasiat dan keamanan vaksin secara lengkap. Data tersebut dibutuhkan dalam pemberian izin penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)