Senin, 19 Okt 2020 07:31 WIB

Penyebab Asam Lambung Rendah dan 4 Cara Mengatasinya

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Asam Lambung 4 cara mengatasi asam lambung rendah. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Asam lambung menjadi salah satu zat yang penting dalam proses pencernaan. Asam lambung atau asam klorida (HCL) berperan untuk membantu memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi dalam proses pencernaan.

Asam lambung juga membantu menghilangkan bakteri dan virus di perut agar tidak mudah mengalami infeksi. Salah satu gangguan pencernaan yang kerap dialami adalah naiknya asam lambung.

Naiknya asam lambung memiliki berbagai dampak misalnya membuat mulut terasa pahit, nyeri pada ulu hari, mual hingga muntah.
Namun tak hanya kondisi naiknya asam lambung yang berbahaya bagi tubuh, kondisi rendahnya asam lambung juga dapat membahayakan.

Kondisi rendahnya asam lambung dikenal dengan istilah medis hipoklorhidria. Jika asam lambung terlalu rendah dan tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan kerusakan pada sistem gastrointestinal, infeksi dan penyakit kronis lainnya.

Gejala yang kerap timbul ketika asam lambung rendah antara lain kembung, sering sendawa, sakit perut, diare, maag, rambut rontok, nafsu makan tinggi, mudah lelah, kuku mudah rapuh, dan anemia. Selain itu, rendahnya asam lambung juga berdampak pada munculnya gangguan neurologis seperti mati rasa, kesemutan dan gangguan penglihatan.

Penyebab rendahnya kadar asam lambung disebabkan beberapa faktor.

Usia

Usia di atas 65 tahun berisiko tinggi mengalami penurunan kadar asam klorida.

Stres

Selain faktor usia, tingkat stres yang dialami oleh seseorang juga dapat menurunkan produksi asam lambung. Terlebih jika stres tersebut sudah sampai tahap kronis.

Kekurangan vitamin

Vitamin B sangat penting untuk menjaga asam lambung tetap pada taraf normal. Untuk itu, kekurangan vitamin B dapat memicu rendahnya asam lambung. Kekurangan vitamin juga disebabkan oleh asupan makanan yang tidak memadai, stres, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Efek obat

Salah satu obat yaitu antasida yang berfungsi untuk mengobati tukak dan refluks asam juga dapat menyebabkan rendahnya asam lambung pada seseorang.

Operasi

Operasi bypass lambung juga berkontribusi menyebabkan rendahnya asam lambung seseorang.

Selain dengan obat-obatan, ada juga cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah rendahnya kadar asal lambung.

1. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu merangsang enzim pencernaan dan menghilangkan gejala yang muncul saat asam lambung rendah.

2. Batasi makanan olahan

Makanan olahan memiliki pengawet dan kadar gula yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan di perut dan menurunkan aktivitas asam dan memicu gejala refluks asam. Pola makan yang sehat harus mulai diterapkan sehingga dapat menjaga proses pencernaan.

3. Mulai konsumsi sayuran dan makanan yang terfermentasi

Sayuran dan makanan yang difermentasikan memiliki efek probiotik yang berguna untuk meningkatkan pencernaan, melawan bakteri berbahaya, dan mengurangi peradangan akibat asam lambung yang rendah. Selain itu, sayuran dan makanan yang telah difementasikan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

4. Konsumsi jahe

Salah satu kelebihan jahe adalah sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat asam lamung yang rendah. Selain itu, jahe juga terbukti ampuh untuk meredakan refluks asam dan gangguan gastrointestinal pada lambung.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)