Kamis, 22 Okt 2020 14:34 WIB

Bumil Perlu Tahu! Ini Lho 5 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
In the Hospital Woman Giving Birth Support, Obstetricians Assisting. Modern Delivery Ward with Professional Midwives Tanda melahirkan sudah dekat (Foto: Getty Images/Martinns)
Jakarta -

Persalinan tentu menjadi momen yang paling dinantikan ibu hamil. Namun, tidak sedikit yang merasa cemas dan khawatir ketika sudah memasuki waktu persalinan, terutama bagi yang pertama kali hamil.

dr Ilham Utama Surya SpOG Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo mengatakan persalinan normal terjadi saat memasuki minggu ke 37 atau usia kehamilan sudah 42 minggu.

"Bila persalinan terjadi saat kehamilan di bawah usia 37 minggu, maka disebut persalinan prematur atau kurang bulan. Sedangkan persalinan melebihi usia kehamilan 42 minggu maka disebut postmatur, serotinus atau lewat waktu," jelas dr Ilham, dikutip dari HaiBunda.

Ketika persalinan semakin dekat, umumnya tubuh akan memunculkan berbagai tanda. Oleh karena itu, ibu hamil penting untuk mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan sudah dekat.

Berikut tanda-tanda ibu hamil sudah mendekati persalinan.

1. Kontraksi hilang timbul semakin sering

Tanda persalinan semakin dekat yaitu rasa mulas karena kontraksi hilang timbul. Umumnya, kontraksi ini timbul lebih dari 3 kali dalam 10 menit dengan durasi lebih dari 40 detik. Pada kondisi ini, ibu hamil sudah tidak kuat untuk berjalan.

2. Keluarnya bloody show

Bloody show yaitu keluarnya lendir kental bercampur darah dari kemaluan. Kondisi ini terjadi karena munculnya plak mukus kental yang menyumbat serviks selama kehamilan. Lendir keluar saat beberapa hari sebelum persalinan hingga saat persalinan tiba akibat serviks yang mulai membuka.

3. Rasa ingin buang air besar (BAB)

Saat mengejan, ibu hamil akan menggunakan otot-otot yang dipakai untuk mengeluarkan tinja saat buang air besar (BAB) sehingga akan muncul rasa ingin BAB.

4. Ketuban pecah

Selain kontraksi, tanda persalinan semakin dekat adalah ketuban pecah. Beberapa ibu hamil akan merasakan sensasi semburan cairan yang berlebihan dari kemaluan saat ketuban pecah. Jika kamu merasa ketuban telah pecah, cobalah untuk tetap tenang. Hubungi bidan atau dokter.

5. Pimpin meneran

Pimpin meneran merupakan kondisi ketika ibu hamil menggunakan segala tenaganya untuk mengeluarkan bayi dari kemaluan. Syarat untuk melakukan tindakan ini yaitu dorongan ingin meneran, liang kemaluan membuka, lubang anus terbuka, perineum menonjol.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Cerita Neesa Karunia, Ibu Hamil yang Berjuang di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]