Selasa, 27 Okt 2020 05:24 WIB

Sering Ngulet di Pagi Hari? Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Just five more minutes Ngulet saat bangun tidur (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Ngulet atau menggeliat merupakan respon tubuh yang biasanya dilakukan ketiak bangun tidur, duduk atau berbarik terlalu lama dan ketika bosan. Ngulet ternyata memiliki manfaat bagi tubuh.

Berikut 5 manfaat ngulet untuk kesehatan tubuh.

1. Melemaskan otot dan sendi

Setelah tidur atau duduk selama berjam-jam, tubuh akan mengalami kaku atau tegang. Hal ini diperparah juga dengan kebiasaan atau gaya hidup jarang berolahraga, makan tidak seimbang, suhu ruangan terlalu dingin dan lain sebagainya.

Hal tersebut dapat membuat otot dan sendi Anda akan kemudian mengirimkan sinyal melalui neuron saraf menuju otak untuk melakukan peregangan. Respons yang diberikan adalah ngulet. Untuk itu, ngulet berfungsi untuk melemaskan otot dan sendi yang telalu kaku atau tegang.

2. Meningkatkan suhu tubuh

Selama tidur, suhu tubuh akan menurun hingga mencapai 35 derajat celsius. Suhu normal tubuh manusia bekisar antara 37 -38 derajat celsius. Maka dari itu, untuk meningkatkan suhu tubuh, otak memberikan ransangan untuk mengulet. Mengulet bisa membantu menghangatkan tubuh supaya lebih segar.

3. Melancarkan peredaran darah

Terlalu lama duduk atau berbaring membuat peredaran darah menjadi terhambat. Salah satu contohnya misalnya mata yang berkunang-kunang saat beranjak bangun. Hal ini terjadi ketik peredaran darah terhambat.

Untuk itu, ngulet membantu untuk melancarkan peredaran darah dan cairan tubuh sehingga lebih merasa lebih segar karena otot serta otak mendapat asupan oksigen yang cukup untuk bekerja seharian.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]