Selasa, 10 Nov 2020 07:45 WIB

Diklaim 90 Persen Efektif Cegah COVID-19, Ini Perkiraan Harga Vaksin Pfizer

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Diklaim 90 persen efektif cegah COVID-19, ini perkiraan harga vaksin Pfizer. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Hasil awal uji klinis ketiga vaksin Corona Pfizer disebut 90 persen efektif mencegah COVID-19. Kabar baik ini juga membawa harapan bagi banyak orang pada vaksin COVID-19 yang tengah dikembangkan.

"Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan," kata Albert Bourla, PhD, ketua dan CEO Pfizer.

"Rangkaian hasil pertama dari uji coba vaksin COVID-19 tahap 3 kami memberikan bukti awal kemampuan vaksin kami untuk mencegah COVID-19," lanjutnya.

Vaksin Corona Pfizer merupakan yang pertama menyampaikan kabar baik terkait hasil uji coba ketiga vaksin COVID-19. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, ini kisaran harga yang pernah diperkirakan dan berapa lama antibodi bertahan usai diberi vaksin COVID-19 Pfizer.

1. Antibodi atau kekebalan yang muncul usai divaksin

Dikutip dari laman resmi Pfizer, perlindungan atau antibodi yang didapat tercapai setelah 28 hari dimulainya vaksinasi, dan 7 hari usai menerima dosis kedua. Saat studi berlanjut persentase kemanjuran vaksin akhir bisa bervariasi, demikian sebut pihak Pfizer.

Uji klinis tahap ketiga dari vaksin COVID-19 Pfizer BNT162b2 dimulai pada 27 Juli, dan ada sebanyak 43.538 peserta hingga saat ini yang telah terdaftar, 38.955 di antaranya telah menerima dosis kedua dari kandidat vaksin pada 8 November 2020. Sekitar 42 persen peserta global dan 30 persen peserta AS memiliki latar belakang ras dan etnis yang beragam.

2. Perkiraan harga vaksin COVID-19 Pfizer

Dikutip dari FiercePharma, Pfizer dan BioNTech akan menjual vaksin COVID-19 berbasis mRNA mereka kepada pemerintah AS dengan perkiraan biaya $ 19,50 per suntikan.

"Label harga yang akan membuat perusahaan memiliki margin yang layak sebesar 60 persen hingga 80 persen keuntungan," sebut SVB Leerink Analis Geoffrey Porges menulis dalam sebuah catatan kepada investor Rabu lalu.



Simak Video "Staf Pfizer Diduga Colong Data Rahasia Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)