Rabu, 11 Nov 2020 13:47 WIB

Rusia Juga Klaim Vaksin Buatannya 90 Persen Efektif Cegah COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pihak Kementerian Kesehatan Rusia mengklaim vaksin COVID-19 Sputnik V yang mereka kembangkan lebih dari 90 persen efektif cegah Corona.

Komentar ini menyusul pernyataan yang dikeluarkan oleh Pfizer dan BioNTech yang mengatakan vaksin COVID-19 eksperimental mereka lebih dari 90 persen efektif.

"Kami bertanggung jawab memantau efektivitas vaksin Sputnik V di antara warga yang telah menerimanya sebagai bagian dari program vaksinasi massal," kata Oksana Drapkina, direktur lembaga penelitian di bawah kementerian kesehatan, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia.

"Dari pengamatan kami, jumlahnya juga lebih dari 90 persen. Kemunculan vaksin lain yang efektif, ini adalah kabar baik bagi semua orang," lanjut Drapkina.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengatakan semua vaksin COVID-19 yang dikembangkan Rusia efektif, menambahkan bahwa negara itu akan segera melakukan suntikan ketiga untuk melawan virus tersebut.

Klaim Rusia banyak diragukan oleh para ahli, sebab efektivitas yang dimaksud didasarkan pada data yang dikumpulkan dari vaksinasi publik, bukan dari uji coba yang sedang berlangsung.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)