Kamis, 12 Nov 2020 06:08 WIB

Cara Kerja Vaksin COVID-19 Pfizer yang Diklaim 90 Persen Efektif

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vaccines / Health Care Concept Vaksin COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Vaksin Corona buatan Pfizer dan BioNTech diklaim 90 persen efektif. Berbeda dengan vaksin lain yang dibuat dengan virus tidak aktif, seseorang yang menerima vaksin Corona ini akan menerima suntikan mRNA.

Pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Handoyo menjelaskan sejauh ini tak ada efek samping yang berarti dalam catatan uji klinis vaksin Corona dari Pfizer. Baik dalam uji klinis pertama maupun kedua.

"Kalau kita lihat dari fase 1 dan fase 2 efek sampingnya sama juga sih seperti vaksin COVID-19 yang lain," bebernya kepada detikcom Rabu (11/11/2020).

"Demam, nyeri di tempat suntik. Tetapi itu rata-rata setelah minum paracetamol dan panadol juga udah oke kok," lanjutnya.

Sementara itu, Ahmad menjelaskan cara kerja vaksin Corona Pfizer nantinya dengan menyuntikkan mRNA. Setelah itu, mRNA dibentuk oleh sel menjadi protein yang akhirnya memproduksi protein spike.

"Kalau vaksin mRNA itu nanti disuntikkan biasa ya ke manusia, nanti kan sel manusia menerima mRNA kan," ungkapnya saat dihubungi detikcom Rabu (11/11/2020).

"Nah mRNA ini oleh sel diproses menjadi protein, lalu proteinnya terbentuk tuh protein spike, mereka langsung proses, akhirnya sel itu bisa memproduksi protein spike, nah ketika diproduksi akhirnya itu bisa menyalakan respons imun, atau antibodinya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan vaksin Corona Pfizer tak hanya mRNA saja, tetapi mereka menambahkan adjuvant. Apa itu?

"Jadi dalam RNA itu ada pembungkusnya lagi, pembungkusnya namanya liposom, jadi kaya semacam selubung, yang komponennya ada lemak dan protein juga," katanya.

"Plus mereka juga menambahkan adjuvant jadi bahan kimia yang lain, membuat imun sistem kita ini jadi lebih responsif. Nah makanya ada beberapa komponen tentu di samping mRNA-nya yang tetap harus dicek efek sampingnya itu," pungkasnya.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya