Kamis, 12 Nov 2020 19:00 WIB

Hari ke 5 dan 10 Jadi 'Penentu Nasib' Pasien COVID-19, Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilustrasi pasien Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Meskipun COVID-19 memunculkan gejala yang berbeda dan tidak dapat diprediksi untuk setiap orang, beberapa pasien yang terinfeksi mengeluhkan mengalami flu dalam beberapa hari pertama setelah tertular virus ini.

Hari-hari awal infeksi COVID-19 bisa sangat membingungkan, banyak orang yang mengalami gejala yang sangat ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Namun dalam rentang waktu 5-10 hari, tingkat keparahan infeksi bisa terlihat.

Menurut para ahli, hari ke 5-10 masa isolasi bisa menentukan apakah seseorang bisa mengalami komplikasi pasca infeksi COVID-19. Dikutip dari New York Times, dokter mengatakan hari ke 5-10 seringkali merupakan waktu yang paling mengkhawatirkan untuk komplikasi pernapasan pada pasien COVID-19.

Hal ini banyak dialami oleh mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti tekanan darah tinggi, obesitas atau diabetes. Pasien yang lebih muda biasanya mulai mengalami komplikasi di hari ke 10-12.

Kebanyakan orang yang mencapai hari ke-14 tanpa gejala yang mengkhawatirkan, selain merasa sedih dan lelah, kemungkinan besar sudah menuju tahap pemulihan.

Alasan 5-10 hari pertama terinfeksi sangat penting

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan seseorang yang mengalami gejala COVID-19 atau didiagnosis penyakit tersebut adalah melacak gejalanya dan menghitung berapa hari mereka mengalami kondisi tersebut.

Diasumsikan bahwa kebanyakan orang mulai mengalami gejala 2-3 hari setelah virus menyerang tubuh. Awalnya, bagian pertama dari infeksi adalah reaksi virus, karenanya tubuh akan melawan dengan memunculkan gejala demam.

Fase kedua, sistem kekebalan mulai bekerja. Sementara sistem kekebalan menghasilkan antibodi untuk membasmi infeksi, kadang-kadang antibodi bisa menjadi terlalu terstimulasi dan membuat kondisi seseorang memburuk.

Kondisi ini terlihat di hari ke 6-8 pasca terinfeksi. Saat inilah pertempuran melawan COVID-19 yang sebenarnya dimulai bagi banyak pasien.

Selanjutnya
Halaman
1 2