Jumat, 13 Nov 2020 10:16 WIB

Jadi Sumber Mutasi Corona, Ini Bedanya Cerpelai dengan Musang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
The young weasel in the big cage. Mutasi Corona dari cerpelai. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kimberrywood)
Jakarta -

Baru-baru ini heboh mutasi Corona dari cerpelai yang disebut WHO berada di 6 negara. Bermula dari laporan di Denmark, laporan mutasi Corona dari cerpelai juga ditemukan di Amerika Serikat, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia.

Menurut Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME), Prof Amin Soebandrio, mutasi Corona dari cerpelai hingga saat ini hanya sebatas kekhawatiran. Bahkan mutasi Corona dari cerpelai jenisnya berbeda dengan musang di Indonesia.

Bagaimana sih perbedaan cerpelai dengan musang? Berikut rangkumannya, dikutip detikcom dari berbagai sumber.

1. Sama-sama hewan mamalia karnivora

Baik cerpelai atau musang adalah anggota keluarga hewan mustelidae. Mereka merupakan hewan mamalia karnivora. Sama-sama memiliki kelenjar aroma anal yang melepaskan zat apak, digunakan hewan untuk pertahanan atau tanda teritorial.

Musang, cerpelai, dan mustelidae lainnya berbeda dalam ukuran, habitat, dan makanan tetapi semuanya adalah karnivora, sebagian besar hewan agresif.

2. Ukurannya berbeda

Cerpelai lebih besar dan lebih berat daripada spesies musang lainnya seperti musang ekor panjang, musang ekor pendek. Cerpelai adalah mamalia panjang dan ramping dengan leher yang panjang dan kaki yang pendek.

Bulu jantan dewasa cerpelai memiliki berat hingga 3,5 pon atau setara 1,5 kg dan panjang 20 hingga 30 inci atau 76 sentimeter.

Bulu betina dewasa berukuran dua pertiga dari ukuran jantan. Mereka tumbuh sepanjang 16 hingga 21 inci atau hingga 53 sentimeter dan berat 1,5 hingga 2 pound atau hampir 1 kg.

Sementara itu, ukuran musang jantan dewasa berkisar dari 3 ons atau 0,08 kg dan panjang kurang dari 10 inci atau 25,4 sentimeter. Musang betina memiliki berat dari 1 ons atau 0,02 kg dan panjang 6 sampai 14 inci atau 35 sentimeter, tergantung spesiesnya.

3. Bulu dan penampilan

Cerpelai adalah mamalia ramping dengan hidung runcing, kaki pendek, dan sebagian kaki berselaput. Sementara musang memiliki kaki pendek dan moncong panjang tetapi mereka tak berselaput.

Beberapa hewan musang memiliki ekor yang panjang dan yang lainnya adapula yang memiliki ekor pendek. Ekor panjang cerpelai biasanya lebat dan bulu mereka lembut, tebal. Tidak seperti musang, bulu cerpelai tidak berubah warna.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Denmark Musnahkan 15 Juta Cerpelai Akibat Penularan Corona"
[Gambas:Video 20detik]