Sabtu, 14 Nov 2020 10:16 WIB

Viral Tips Sembuhkan COVID-19 dalam Waktu 5 Menit, Dokter Paru Pastikan Hoax!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
hoax cara menyembuhkan covid-19 Viral video cara menyembuhkan COVID-19 dalam waktu 5 menit, dipastikan hoax. (Foto: Tangkapan layar viral)
Jakarta -

Viral video cara menyembuhkan COVID-19 dalam waktu 5 menit di media sosial TikTok. Dalam video viral ini disebutkan penggunaan obat luka povidone iodine bisa menyembuhkan COVID-19 secara singkat.

"Tips menyembuhkan COVID-19 dalam waktu 5 menit, pertama siapkan betadine mouthwash dan cotton bud, kedua tuangkan betadine secukupnya dan basahkan dengan cotton bud, bahan siap dipakai," sebut @nicputra dalam akun TikTok-nya.

"Ketiga oleskan perlahan ke seluruh bagian dalam rongga hidung secara merata, lakukan ini secara rutin maka COVID-19 kalian akan hilang," lanjut keterangan dalam video tersebut, dengan mencantumkan sumber berasal dari Hotman Paris.

Meski belakangan sudah dihapus dari akun TikTok tersebut, video tersebut sempat viral dibagikan di berbagai platform media sosial. benarkah cara ini bisa menyembuhkan COVID-19 dalam waktu 5 menit?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Agus Dwi Susanto, SpP, menegaskan cara tersebut keliru atau tidak benar. Hingga saat ini, belum ada uji klinis terkait penggunaan povidone iodine untuk menyembuhkan COVID-19.

"Betadine (povidone iodine) dalam studi-studi di laboratorium dapat menurunkan viral load SARS-CoV-2. Tapi dalam penggunaannya pada manusia perlu uji klinis efektivitasnya," tegas dr Agus saat dihubungi detikcom Sabtu (14/11/2020).

Lebih lanjut, dr Agus menjelaskan virus Corona COVID-19 tak hanya berada di hidung. Namun lebih tepatnya di saluran napas atas lain dan bahkan di luar organ pernapasan.

"Reseptor virus SARS-CoV-2 bukan hanya di hidung tetapi di saluran napas atas lain, saluran napas bawah, paru, bahkan organ luar pernapasan seperti saluran cerna, pembuluh darah, jantung, otak, dan lain lain," lanjut dr Agus.

Jika sudah terinfeksi COVID-19, dr Agus menekankan virus Corona COVID-19 yang berada di organ lain tak dapat dijangkau dengan hanya mengoleskan betadine di hidung. Pernyataan cara 5 menit bisa menyembuhkan COVID-19 juga dinilai dr Agus tidak tepat.

"Statement sembuh dalam 5 menit tidak tepat. Kesembuhan dari COVID-19 tidak hanya terkait dengan membersihkan hidung dengan antiseptik. Itu salah satu upaya pencegahan. Terapi-terapi lain oleh dokter diperlukan untuk mengobati infeksi COVID-19," pungkasnya.



Simak Video "Sukarelawan Terjun Langsung Jemput Jenazah COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)