Minggu, 15 Nov 2020 11:07 WIB

6 Gejala Tumor Otak yang Kerap Tak Disadari

Kanya Anindita - detikHealth
Shot of a uncomfortable looking woman holding her head in discomfort due to pain at home during the day Gejala tumor otak (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada beberapa jenis tumor otak, mulai dari yang bersifat kanker (ganas) dan non-kanker (jinak). Kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain selain otak yang mengakibatkan tumor otak sekunder, sedangkan kanker otak primer hanya berpusat di bagian otak.

Dikutip dari Insider, berikut 6 gejala tumor otak yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang:

1. Sakit kepala

Sakit kepala yang parah merupakan salah satu gejala tumor otak. Tumor di otak dapat menekan saraf dan pembuluh darah yang sensitif sehingga menyebabkan sakit kepala baru atau perubahan dari sakit kepala biasanya.

Penderita akan mengalami nyeri terus menerus, tetapi bukan migrain terutama di pagi hari. Gejala ini juga disertai dengan muntah dan semakin memburuk saat sedang berolahraga atau batuk.

2. Kejang

Tumor otak dapat menekan sel saraf otak dan mengganggu sinyal kerja otak. Kebanyakan penderita setidaknya akan mengalami satu kali kejang.

3. Suasana hati yang berubah-ubah

Tumor di otak dapat mengganggu fungsi otak dan mempengaruhi kepribadian Anda. Mereka juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tidak bisa dijelaskan, seperti mudah marah dan saat bahagia dalam satu menit, tiba-tiba memulai pertengkaran tanpa alasan yang jelas.

4. Kebingungan dan kehilangan memori

Tumor di lobus frontal atau temporal mempengaruhi fungsi memori pada otak serta penalaran. Efek yang dirasakan seperti sulit konsentrasi, sering bingung tentang hal-hal sederhana, dan kesulitan merencanakan sesuatu. Dapat disimpulkan Anda memiliki masalah memori jangka pendek.

5. Kelelahan

Penderita akan merasa kelelahan berlebihan, badan terasa berat, serta sering tertidur padahal sudah istirahat dengan cukup. Akibatnya, penderita akan kehilangan fokus, kurang bersemangat, dan mudah tersinggung.

6. Depresi

Gejala ini umum terjadi pada orang yang terkena tumor otak. Hal-hal yang dapat dirasakan, seperti sedih terlalu lama, kehilangan minat pada kesenangan Anda, sulit tidur, serta pikiran untuk menyakiti diri sendiri.



Simak Video "Sembuh dari Tumor Otak, Gugun Gondrong Aktif di Jakmania Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
e-Life
×
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang?
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang? Selengkapnya