Rabu, 18 Nov 2020 17:37 WIB

Harus Lewati 4 Tahap, Warga Butuh Waktu 45 Menit Untuk Vaksinasi COVID-19

M. Sholihin - detikHealth
Simulasi vaksinasi COVID-19 Foto: M. Sholihin/detikcom
Bogor -

Kepala Puskesmas Tanahsareal, Masayu Rubianto mengatakan, butuh waktu hingga 45 menit untuk satu kali proses vaksinasi COVID-19. Ada 4 tahap yang harus dilalui oleh warga yang akan divaksin.

"Satu peserta vaksinasi butuh waktu 45 menit. Jadi mereka harus melalui 4 tahapan mulai dari pendaftaran, proses screening, penyuntikan vaksin, hingga observasi pasca vaksinasi," kata Masayu Rubianti, Rabu (18/11/2020).

Masayu menjelaskan, setiap warga yang akan mengikuti vaksinasi sebelumnya akan mendapat undangan melalui SMS dan mengisi aplikasi pada link yang dikirim dalam sms tersebut. Melalui link tersebut, warga juga bisa menentukan lokasi dan jadwal vaksinasi.

"Jadi memang warga yang akan ikut vaksinasi itu akan diberi undangan melalui sms, dari sms tersebut pasien akan mendapat link, kemudian mengisi aplikasi, disitu nanti akan tertera kapan jadwal dia akan divaksin, jadi mereka dapat memilih jadwal layanan, dan tempatnya.

Setelah mendapat kode atau barcode undangan, warga kemudian datang ke Puskesmas untuk mengikuti proses vaksinasi tapi tetap dengan menaati protokol kesehatan.

"Mereka kemudian menuju meja 1 untuk divalidasi identitasnya. Kemudian mereka ke meja 2 untuk discreening. Di situ mereka akan dicek kesehatannya, mulai dari tensi dan lainnya. Mereka akan discreening dan dipastikan apakah layak atau tidak untuk ikut vaksinasi," terang Masayu.

Disebutkan oleh Masayu, peserta vaksinasi harus dipastikan tidak memiliki komorbid untuk lolos tahap screening. Jika lolos, warga kemudian menjalani penyuntikan vaksin di ruang yang sudah ditentukan.

"Proses penyuntikan dilakukan di ruangan yang sudah ditentukan. Disitu sekitar 5 menit prosesnya," kata Masayu.

Pada tahap akhir, warga kemudian akan diobservasi selama kurang lebih 30 menit untuk mengetahui dampak dari proses vaksinasi.

"Setelah itu dia akan ke meja 4, disitu dia akan diobservasi selama 30 menit pasca vaksinasi. Jika tidak ada gejala mereka akan diminta pulang, dan akan diberi tanda berupa gelang dan gelang ini harus dibawa pada hari ke15 pasca vaksinasi, untuk dilakukan vaksinasi tahap 2," tutupnya.



Simak Video "Paparan Terawan soal Persiapan RI Jelang Vaksinasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)