Sabtu, 21 Nov 2020 06:30 WIB

Habib Rizieq Istirahat, Ini Beberapa Penyebab Umum Kelelahan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Habib Rizieq disambut massa di Simpang Gadog jelang ceramah di Megamendung, Bogor. Habib Rizieq dikabarkan istirahat karena kelelahan (Foto: Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab, dikabarkan kurang sehat dan sedang istirahat di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Ketum FPI Ahmad Shabri Lubis mengatakan saat ini Rizieq saat ini memilih untuk jeda sejenak dari aktivitasnya.

"Karena selain cukup lelah akibat melalui perjalanan panjang dan langsung beraktivitas dengan tingkat kepadatan tinggi serta setelah melihat antusiasme umat sejak tanggal 10 November saat kedatangan hingga 14 November pada acara Maulid Nabi SAW di Petamburan, umat begitu antusias pada setiap kegiatan yang akan berdampak pada penumpukan massa," ujar dalam keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Kelelahan sering terjadi pada orang yang memiliki aktivitas yang intens. Selain itu, ada beberapa penyebab umum seseorang mengalami kelelahan sepanjang waktu.

Berikut di antaranya dikutip dari Very Well Mind.

1. Kurang tidur

Kurang tidur adalah alasan yang sangat umum untuk merasa lelah. Banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga kerap mengurangi waktu tidurnya.

Saat tubuh kurang beristirahat, hormon pelindung dan antibodi juga sel yang berperan untuk melawan penyakit bisa berkurang produksinya. Saat tubuh sedang kelelahan, sangat disarankan untuk tidur cukup.

2. Diabetes

Ada beberapa alasan mengapa diabetes dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang waktu. Glukosa ekstra yang tidak terpakai dalam darah dapat menyebabkan kelelahan.

Gejala diabetes lainnya termasuk sering buang air kecil, rasa haus yang ekstrim, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, rasa lapar yang ekstrim, perubahan penglihatan yang tiba-tiba, kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki, kulit kering, penyembuhan luka yang lambat atau lebih banyak infeksi dari biasanya.

3. Anemia

Ketika mengalami anemia, tubuh Anda memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari biasanya atau tidak memiliki cukup hemoglobin. Hemoglobin adalah zat yang memberi warna pada sel darah merah. Itu juga terlibat dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Saat kadar hemoglobin terlalu sedikit, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga akan merasa lelah atau lemah. Anda mungkin juga mengalami gejala seperti kulit pucat, sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

4. Penyakit jantung

Penyakit jantung, terutama gagal jantung, dapat menyebabkan seseorang merasa lelah sepanjang waktu dan tidak dapat mentolerir olahraga. Jika mengalami gagal jantung, organ tersebut akan bekerja kurang efektif dalam memompa darah beroksigen ke otot dan jaringan lain di tubuh.

Bahkan aktivitas rutin Anda sehari-hari, seperti berjalan kaki atau membawa bahan makanan dari mobil, bisa menjadi sulit.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)