Selasa, 08 Des 2020 18:07 WIB

Vaksin Corona Sudah Sampai di Indonesia, Vaksinasi Ditarget Februari 2021

Ayunda Septiani - detikHealth
Pemprov Jabar melakukan simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Depok, Kamis (22/10/2020). Vaksinasi corona ditarget awal tahun 2021. (Foto: DEDY ISTANTO)
Jakarta -

Vaksin Corona sudah sampai di Indonesia. Ada 1,2 juta vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12/2020).

Usai sampai, vaksin Corona di Indonesia langsung dibawa ke Kantor Pusat Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya pemerintah sudah menetapkan enam vaksin COVID-19 yang ditetapkan untuk dipakai di Indonesia, salah satunya yang dikembangkan Sinovac.

Kapan Indonesia akan mulai vaksinasi?

Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan menyebut jika vaksin COVID-19 sudah mendapatkan izin edar untuk pemakaian, maka vaksinasi diperkirakan akan dilakukan pada bulan Februari 2021 mendatang.

"Karena yang sudah kita terima ini adalah vaksin jadi, begitu kita terima bahwa ini sudah bisa dilakukan atau sudah bisa mendapatkan izin edar untuk pemakaian, tentunya ini sudah bisa langsung," katanya dalam konferensi pers Bio Farma, Selasa (8/12/2020).

"Kalau perkiraan saya di bulan Februari itu sudah bisa dilakukan, kemungkinan ini akhir Januari kita akan mendapatkan izin EUA (Emergency Use Authorization)," tambahnya.

Berasal dari mana vaksin Corona pertama yang tiba di Indonesia?

Vaksin Corona pertama di Indonesia merupakan buatan Sinovac Biotech. Perusahaan Sinovac BioTech adalah farmasi China yang mengembangkan vaksin COVID-19 mereka bernama CoronaVac.

Selama dua dekade terakhir, Sinovac telah mengembangkan dan menjual enam vaksin yang digunakan manusia dan satu vaksin hewan. Di antaranya adalah vaksin hepatitis A dan B, influenza H5N1 (flu burung), influenza H1N1 (flu babi), vaksin gondok, dan vaksin rabies anjing.

Sinovac juga telah mencapai banyak tonggak pengembangan signifikan termasuk mengembangkan vaksin H1N1 pertama di dunia pada 2009.



Simak Video "Ramai Vaksin Sinovac Vs AstraZeneca, Ini Kata Pakar Imunisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)