Rabu, 09 Des 2020 08:42 WIB

Melisha 'Indonesian Idol' Meninggal karena Jantung Bengkak, Kenali Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Melisha Sidabutar Melisha Indonesian Idol meninggal dunia. (Foto: Instagram Melisha Sidabutar)
Topik Hangat Pembengkakan Jantung
Jakarta -

Melisha Indonesian Idol meninggal dunia. Kabar duka berpulangnya kontestan Indonesian Idol ini dengan nama lengkap Melisha Sidabutar ini disampaikan akun Instagram Indonesian Idol pada Rabu (9/12/2020).

"'Beautiful soul is never forgotten'. Keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya 'Melisha Sidabutar'. Kontestan Top 35 #IdolSpecialSeason. Rest In Peace @melishapricilla," tulis akun tersebut.

Berdasarkan keterangan kerabat dekat, Melisha Indonesian Idol meninggal karena pembengkakan jantung atau dalam bahasa inggris disebut cardiomegaly. Dara 19 tahun itu sempat mengeluh lemas sebelum tiada.

"Jadi sudah dironsen, ditemukan ada pembengkakan jantung. Jadi emang udah lemes dari pagi or kemarin (nggak tau jelasnya ya guys). Terus mamanya cerita, mau dibawa ke RS dari kemarin, cuma Melisa bilang nggak usah, takut covid. Akhirnya hari ini bener-bener lemes dan terjadilah kejadian singkat ini," ujar Ellysia Belinda, sahabat Melisha.

Jantung bengkak seperti yang dialami Melisha Indonesian Idol saat meninggal bukanlah suatu penyakit melainkan pertanda kondisi klinis lainnya. Kondisi ini disebut juga dengan kardiomegali, pada beberapa orang bisa saja tidak menunjukkan gejala awal.

Dikutip dari Web MD, ada beberapa pasien yang mengalami gejala seperti merasa tak nyaman pada tubuh. Beragam penyebab jantung bengkak bisa terjadi karena hal-hal berikut:

- Stres jangka pendek
- Kondisi medis lain
- Melemahnya otot jantung
- Penyakit jantung koroner
- Irama jantung tidak normal

Kondisi jantung membengkak bisa diobati dengan prosedur medis dan obat-obatan atau operasi. Ada beberapa tanda dan gejala yang harus dikenali sedini mungkin agar jantung bengkak masih bisa diatasi.

Gejala biasanya tidak muncul kecuali kondisi jantung bengkak menjadi sedang atau parah. Tanda-tanda yang sering tak disadari meliputi:

  • Perut kembung
  • Irama jantung abnormal, dikenal aritmia
  • Nyeri dada
  • Batuk, terutama saat berbaring
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Bengkak di pergelangan kaki dan tungkai


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Pembengkakan Jantung