Kamis, 10 Des 2020 13:02 WIB

Waspadai 12 Penyebab Pembengkakan Jantung yang Tak Disadari

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Ilustrasi sakit jantung. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Topik Hangat Pembengkakan Jantung
Jakarta -

Pembengkakan jantung bisa terjadi karena kondisi jantung bawaan lahir atau jantung memompa lebih keras hingga dapat merusak otot jantung. Pembengkakan jantung atau dalam bahasa Inggris cardiomegaly bukanlah penyakit, melainkan pertanda kondisi lain.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, pembengkakan jantung atau jantung yang membesar bisa disebabkan kondisi jantung bawaan lahir, kerusakan akibat serangan jantung, atau detak jantung tidak normal (aritmia). Terkadang jantung menjadi lebih besar dan lemah karena alasan yang tidak diketahui. Ini dikenal sebagai kardiomegali idiopatik.

Penyebab paling umum dari pembengkakan jantung adalah penyakit jantung iskemik dan tekanan darah tinggi. Penyakit jantung iskemik terjadi ketika arteri menyempit, yang disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di arteri dan mencegah darah masuk ke jantung.

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pembengkakan jantung, dikutip dari berbagai sumber.

1. Tekanan darah tinggi

Pada kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung harus memompa lebih keras untuk mengantarkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan otot jantung menebal dan membesar.

Sementara itu tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan ventrikel kiri membesar, menyebabkan otot jantung pada akhirnya melemah. Tekanan darah tinggi juga dapat memperbesar bilik atas jantung.

2. Penyakit katup jantung

Jantung memiliki empat katup yang menjaga aliran darah ke arah yang benar. Jika katup rusak makan jantung akan membesar.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan katup jantung rusak seperti demam rematik, cacat jantung, infeksi (endokarditis infeksi), gangguan jaringan ikat detak jantung tidak teratur (fibrilasi atrium), pengobatan tertentu atau pengobatan radiasi untuk kanker.

3. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah penyakit yang merusak otot jantung yang menyebabkan pembengkakan jantung. Penyakit jantung ini membuat jantung lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Pembengkakan Jantung