Rabu, 09 Des 2020 17:00 WIB

Seperti Melisha Indonesian Idol, 5 Artis Ini Meninggal karena Penyakit Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Melisha Sidabutar kontenstan Indonesian Idol meninggal dunia Foto: Tangkapan Layar Instagram @melishapricilla
Topik Hangat Pembengkakan Jantung
Jakarta -

Melisha Indonesian Idol meninggal dunia. Kabar duka meninggalnya kontestan ajang bakat menyanyi periode terbaru ini disampaikan melalui akun Instagram Indonesian Idol pada Rabu (9/12/2020).

Sebelum meninggal, perempuan berusia 19 tahun dengan nama lengkap Melisha Sidabutar ini mengeluh merasa lemas. Pembengkakan jantung yang dialami Melisha Indonesian Idol disampaikan rekannya.

"Jadi sudah dironsen, ditemukan ada pembengkakan jantung. Jadi emang udah lemes dari pagi or kemarin (nggak tau jelasnya ya guys). Terus mamanya cerita, mau dibawa ke RS dari kemarin, cuma Melisa bilang nggak usah, takut covid. Akhirnya hari ini bener-bener lemes dan terjadilah kejadian singkat ini," ujar Ellysia Belinda, sahabat Melisha.

Pembengkakan jantung umumnya disebabkan adanya penyakit jantung iskemik atau tekanan darah tinggi. Sering terjadi saat arteri atau pembuluh nadi menyempit karena adanya lemak yang menumpuk di area tersebut.

Selain Melisha Indonesian Idol, berikut detikcom rangkum beberapa selebriti yang juga meninggal akibat penyakit jantung.

1. Didi Kempot

Penyanyi senior campursari, Didi Kempot, meninggal akibat penyakit jantung pada Selasa 5 Mei 2020 lalu. Ia diketahui mengalami kondisi henti jantung.

Berdasarkan penuturan asisten manajer Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez, Didi Kempot masuk ke rumah sakit dalam kondisi sudah tidak sadar. Setelah diarahkan ke IGD dan diberikan tindakan medis, nyawanya tetap tidak bisa tertolong.

"Tiba di IGD pagi ini pukul 07.25, kondisi tidak sadar, henti jantung, henti nafas. Dilakukan tindakan resusitasi, namun pasien tidak tertolong. ," kata Divan pada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Ashraf Sinclair

Selebriti lain yang meninggal akibat penyakit jantung adalah suami dari Bunga Citra Lestari, yaitu Ashraf Sinclair. Ashraf meninggal di usia 40 tahun pada 18 Februari 2020, yang dikabarkan penyebabnya karena serangan jantung.

Namun, para kerabat dekat Ashraf meyakini bahwa semasa hidup Ashraf adalah orang yang menerapkan hidup sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Bahkan ia rajin melakukan olahraga, salah satunya crossfit.

3. Djaduk Ferianto

Satu lagi seniman legendaris yang diketahui meninggal karena penyakit jantung adalah RM Gregorius Djaduk Ferianto atau kerap disapa Djaduk Ferianto. Ia meninggal pada Rabu, 13 November 2019 pukul 02.30 WIB.

Berdasarkan penuturan kakaknya, Otok Bima Sidharta, Djaduk meninggal karena serangan jantung.

"Katanya istrinya (Djaduk meninggal) jam 03.00 WIB karena serangan jantung," katanya.

4. Lina, mantan istri pelawak Sule

Di awal tahun 2020, dunia selebriti dikejutkan dengan kabar meninggal dari mantan istri pelawak sule, Lina. Ia meninggal pada Sabtu, 4 Januari 2020 di Rumah Sakit Al Islam.

Mengenai penyebab meninggalnya, cukup kontroversial. Tetapi, Lina disebut-sebut meninggal karena adanya masalah pada jantungnya.

"Kurang tahu persis, tapi barusan sekilas serangan jantung," jelasnya saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

5. Cecep Reza

Artis muda yang dikenal sebagai pemeran Bombom di Bidadari, Cecep Reza juga diketahui meninggal karena penyakit jantung. Ia meninggal pada Selasa 19 November 2019 akibat serangan jantung.

Sebelum meninggal,CecepReza juga diketahui baru melakukan pemasangan ring pada jantungnya. Ia meninggal saat tengah tidur di kediamannya.



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)
Topik Hangat Pembengkakan Jantung