Kamis, 10 Des 2020 05:50 WIB

Round Up

Fakta-fakta Pembengkakan Jantung yang Dialami Melisha Indonesian Idol

Kanya Anindita - detikHealth
Melisha Sidabutar Melisha Sidabutar meninggal karena pembengkakan jantung (Foto: Dok. Instagram/melishapricilla)
Jakarta -

Penyanyi muda Melisha Sidabutar meninggal dunia karena pembengkakan jantung. Ia merupakan kontestan Indonesian Idol periode teranyar yang tidak lolos di babak eliminasi ketiga.

Kabar duka meninggalnya perempuan berusia 19 tahun ini disampaikan akun resmi Instagram Indonesian Idol pada Rabu (9/12/2020).

"'Beautiful soul is never forgotten'. Keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya 'Melisha Sidabutar'. Kontestan Top 35 #IdolSpecialSeason. Rest In Peace @melishapricilla," tulis akun Indonesian Idol.

Kondisi pembengkakan jantung seperti yang dialami Melisha Indonesian Idol disebabkan karena beberapa hal termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung iskemik. Namun, apa saja tanda-tanda atau gejala pembengkakan jantung?

Gejala biasanya tidak muncul kecuali kondisi jantung bengkak menjadi sedang atau parah. Tanda-tanda yang sering tak disadari meliputi:

  • Perut kembung
  • Irama jantung abnormal, dikenal aritmia
  • Nyeri dada
  • Batuk, terutama saat berbaring
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Bengkak di pergelangan kaki dan tungkai.

Selain itu, pembengkakan jantung juga bisa didasari oleh riwayat keluarga. Jika anggota keluarga dekat, seperti orang tua atau saudara kandung, mengalami pembengkakan jantung, kamu bisa menjadi lebih rentan.

Bagaimana cara mencegah terkena pembengkakan jantung?

Caranya bisa dimulai dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Termasuk memerhatikan asupan makanan yang selama ini dikonsumsi.

1. Olahraga

Untuk menghindari kondisi pembengkakan jantung, disarankan segera merubah pola gaya hidup, salah satunya rajin berolahraga. Jenis olahraga yang aman bisa dikonsultasikan ke dokter jika memiliki masalah kesehatan sebelumnya.

2. Berhenti merokok

Dikutip dari Healthline, penting untuk berhenti merokok demi mencegah pembengkakan jantung. Metode seperti produk dan terapi pengganti nikotin dapat membantu seseorang berhenti merokok.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan sama pentingnya dengan berolahraga dan berhenti merokok. Obesitas menjadi salah satu faktor pembengkakan jantung mudah terjadi.

Mulai mengatur pola makan dan diet yang baik, dengan mengonsumsi makanan tertentu. Membatasi konsumsi garam, kolesterol dan lemak jenuh.

Apa kata dokter soal pembengkakan jantung seperti yang dialami Melisha Indonesian Idol? Lebih lengkapnya bisa dibaca di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]