Rabu, 09 Des 2020 20:40 WIB

3 Fakta Jantung Bengkak yang Dialami Melisha Indonesian Idol Sebelum Meninggal

Ayunda Septiani - detikHealth
Melisha Sidabutar Fakta terkait pembengkakan jantung yang diidap Melisha Indonesian Idol. (Foto: Instagram Melisha Sidabutar)
Jakarta -

Melisha Indonesia Idol, kontestan ajang bakat menyanyi periode terbaru meninggal dunia. Banyak netizen ikut berduka usai kabar ini disampaikan melalui akun Instagram Indonesian Idol pada Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan keterangan dari rekan Melisha Indonesian Idol, ia meninggal dunia akibat pembengkakan jantung. Melisha pun sempat disebut mengeluh lemas sebelum tiada.

"Jadi sudah dironsen, ditemukan ada pembengkakan jantung. Jadi emang udah lemes dari pagi or kemarin (nggak tau jelasnya ya guys). Terus mamanya cerita, mau dibawa ke RS dari kemarin, cuma Melisa bilang nggak usah, takut COVID. Akhirnya hari ini bener-bener lemes dan terjadilah kejadian singkat ini," ujar Ellysia Belinda, sahabat Melisha.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta tentang jantung bengkak yang dialami oleh Melisha Indonesian Idol sebelum meninggal.

1. Faktor risiko

Banyak hal yang bisa memicu jantung bengkak seperti tekanan darah tinggi dan faktor riwayat keluarga.

  • Tekanan darah yang tinggi
  • Memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari 140/90.
  • Riwayat keluarga

Jika anggota keluarga dekat, seperti orang tua atau saudara kandung, mengalami pembengkakan jantung, kamu bisa menjadi lebih rentan.

Lebih detail mengenai faktor risiko jantung bengkak bisa cek DI SINI.

2 Gejala jantung bengkak

Jantung bengkak seperti yang dialami Melisha Indonesian Idol saat meninggal bukanlah suatu penyakit melainkan pertanda kondisi klinis lainnya. Kondisi ini disebut juga dengan kardiomegali, pada beberapa orang bisa saja tidak menunjukkan gejala awal.

Detail mengenai gejala jantung bengkak bisa cek DI SINI.

3. Stres bisa picu jantung bengkak

Pembengkakan jantung umumnya terjadi saat seseorang mengidap tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung iskemik. Apa saja sih yang bisa memicu pembengkakan jantung dan bagaimana mencegahnya?

Detail mengenai jantung bengkak bisa cek detail DI SINI



Simak Video "Kenali Gagal Jantung Sejak Dini, Apa Sih Penyebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)