Sabtu, 19 Des 2020 05:49 WIB

5 Keluhan Sehari-hari yang Jadi Gejala COVID-19, Termasuk Sakit Mata

Zintan Prihatini - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Gejala COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Gejala umum infeksi virus Corona ditandai dengan demam, sakit tenggorokan hingga kelelahan. Sementara itu, banyak pasien bergejala ringan dan tak sedikit yang mengalami asymptomatic.

Studi terbaru menemukan lima gejala yang bisa mengindikasikan infeksi COVID-19. COVID-19 memiliki gejala yang mirip dengan flu. Meskipun mirip, Corona memiliki gejala yang khas meliputi demam, pilek, mudah merasa lelah, hilangnya kemampuan mencium bau, dan sakit tenggorokan.

Penelitian yang diterbitkan di the journal Annals of Clinical and Translational Neurology menemukan bahwa pada 412 pasien yang diamati, 82 persen di antaranya menunjukkan tanda-tanda masalah neurologis bahkan setelah mereka diobati.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima gejala yang mengindikasikan COVID-19.

1. Sakit kepala

The Centre for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan sakit kepala merupakan salah satu gejala umum COVID-19. Hal ini berkisar dari nyeri ringan hingga nyeri parah di kepala yang tak tertahankan.

2. Nyeri otot

Penelitian yang diterbitkan di the journal Annals of Clinical and Translational Neurology menemukan bahwa 44,8 persen relawan yang berpartisipasi mengalami nyeri otot akibat COVID-19. Selain itu, nyeri otot juga merupakan tanda long COVID.

3. Brain fog

Dalam penelitian yang sama, brain fog atau kelelahan mental juga dilaporkan peserta penelitian sebagai gejala COVID-19. Meskipun brain fog merupakan gejala COVID-19 yang langka, sekitar 31,8 persen relawan mengalaminya selama penelitian.

Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya menjadi sulit berkonsentrasi, berpikir, dan mudah lupa.

4. Hilangnya kemampuan mencium

Anosmia atau hilangnya kemampuan mencium bau dan mengecap rasa merupakan gejala yang dialami sebagian besar pasien COVID-19. Kondisi ini menjadi gejala umum untuk mengidentifikasikan apakah kamu terpapar Corona atau tidak.

Dikutip dari Healthline, hilangnya kemampuan untuk mencium bau atau anosmia menjadi gejala COVID-19 yang paling utama. Sekitar 20-50 persen pasien yang terinfeksi virus Corona di atas usia 35 tahun mengalami anosmia.
Sementara itu, 15-25 persen pasien COVID-19 mengalami demam, dan 13-18 persen mengalami batuk.

5. Sakit mata

Banyak orang yang terkonfirmasi COVID-19 mengeluhkan rasa sakit di mata. Tetapi hal itu masih menjadi perdebatan karena sakit mata juga bisa berasal dari penggunaan gadget yang berlebihan selama berada di rumah.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)