Senin, 21 Des 2020 06:34 WIB

Hobi Pencetin Jerawat? Hati-hati, Dampaknya Bisa Seperti Ini

Zintan Prihatini - detikHealth
viral jerawat meradang Gara-gara suka memencet jerawat (Foto: TikTok @titin.octaviansyah - atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral di media sosial TikTok seorang pria yang mengalami peradangan jerawat parah. Video itu diunggah akun @titin.octaviansyah dan telah ditonton lebih dari 82 ribu kali.

Pemilik akun membagikan pengalaman yang dialami suaminya yang terkena infeksi jerawat pada Januari 2019 setelah kegiatan naik gunung Bromo. Kondisi itu diperparah dengan kebiasaannya yang sering memencet jerawat.

"Ko bisa separah ini? Pas dari Bromo jerawat jadi terinfeksi/meradang, tapi kata dokter spesialis kulit ini karena sering dipencet2," tulis akun @titin.octaviansyah.

"Hasilnya Alhamdulillah 3 kali ke dokter spesialis kulit, kurang lebih 5 bulan prosesnya, dan untuk biayanya sekali ke dokter 600-800 ribuan," tulisnya lagi.

Dikonfirmasi detikcom Minggu (20/12/2020), pemilik akun bernama Titin itu mengatakan kejadian tersebut dialami suaminya, Firmansyah. Ia mengaku sering membantu untuk memencet jerawat yang muncul di wajah Firmansyah agar cepat hilang.

Namun tak disangka, akibat kebiasaan itu membuat jerawatnya meradang hingga mengeluarkan nanah.

"Kalau masalah jerawat si udah lama emang orang nya sering muncul jerawat, aku kira jerawat biasa tapi ko keluar nya kaya nanah gitu," ujar Titin.

"Terus ke dokter, kata dokter itu jerawat udah meradang. Periksa ke dokter Februari 2020, Mei 2020 alhamdulilah udah mendingan. Tiga kali ke dokter, dan sekarang udah jarang tumbuh jerawat," tambahnya.

Peradangan jerawat yang dialami pria asal Indramayu itu juga bisa disebabkan karena tak pernah merawat kulit dengan baik dan kondisi kulit yang mudah berjerawat. Titin juga mengatakan, suaminya tak pernah menggunakan sabun cuci muka.

Setelah memeriksakan diri ke ahli dermatologi, Firmansyah diberikan obat, krim racikan, dan cairan untuk menghilangkan peradangan. Ia juga rajin menggunakan sabun bayi batangan.

"Waktu perawatan dokter cuci muka pakai sabun batang cussons baby kak. Dan setelah sembuh inisiatif sendiri gak pakai apa-apa," jelas Titin.

Setelah perawatan yang dijalaninya selama hampir lima bulan, jerawat yang ada di wajah Firmansyah hilang dan hanya tersisa bekas-bekasnya saja. Titin mengaku kapok dan tak akan mengulangi kebiasaannya lagi untuk memencet jerawat suaminya.

"Pesen aku pokoknya kalau ada jerawat dibiarkan aja gak usah di pegang apa lagi dipencet-pencet gitu. Soalnya kita gak tau tangan kita bersih atau engak," pungkasnya.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)